Comscore Tracker

[BREAKING] Laksana Tri Handoko Ditunjuk Jokowi sebagai Kepala BRIN

Sebelumnya, dia adalah Kepala LIPI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menunjuk Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sebelum ditunjuk sebagai Kepala BRIN, Laksana sendiri menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Penunjukan Laksana ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor19/M/2021 tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

"Mengangkat saudara Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN terhitung sejak saat pelantikan," bunyi Keputusan Presiden dalam pelantikan, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021).

Saat pelantikan, Laksana mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Jokowi. Ia pun mengikuti perkataan Jokowi kalimat per kalimat.

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Selain itu, DPR juga telah menyetujui peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Keputusan itu menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021.

Baca Juga: BRIN Jadi Lembaga Sendiri, Ternyata Ini Alasan Jokowi

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya