[BREAKING] Target Baru Jokowi, Akhir Agustus Penyuntikan Vaksin 100 Juta Dosis 

Jokowi minta Menkes mencapai target ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, sebanyak 90,59 juta dosis vaksin COVID-19 sudah disuntikkan. Oleh karena itu, ia memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin agar akhir Agustus 2021, jumlah vaksinasi bisa lebih dari 100 juta dosis.

"Saya minta kepada Menteri Kesehatan sampai akhir bulan Agustus ini, kita harus bisa mencapai penyuntikan lebih dari 100 juta dosis vaksin," ucap Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Menurut Jokowi, keterlibatan TNI-Polri dalam melakukan tracing turut berkontribusi terhadap peningkatan angka kontak erat. Dia memaparkan, pada 20 Agustus 2021 rasio kontak erat mencapai 6,5. Angka tersebut meningkat dibandingka pada 31 Juli 2021 yang berada pada posisi 1,9.

"Perbaikan situasi COVID-19 yang kita miliki saat ini tetap harus kita sikapi dengan hati-hati dan penuh kewaspadaan. Pembukaan kembali aktivitas masyarakat tetap harus dilakukan tahap demi tahap seiring dengan peningkatan protokol kesehatan, testing dan tracing yang tinggi, serta cakupan vaksinasi yang semakin luas," ucap Jokowi.

Hal tersebut perlu dilakukan, lanjut Jokowi, agar pembukaan kembali aktivitas masyarakat tidak berdampak pada peningkatan kasus.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya dan mempermudah kita dalam menghadapi setiap tantangan," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan untuk menurunkan level PPKM di sejumlah daerah Jawa-Bali, dari yang sebelumnya berada di level 4 turun jadi level 3. Keputusan tersebut berlaku dari 24 Agustus 2021 hingga 30 Agustus 2021.

Baca Juga: [BREAKING] PPKM Jawa-Bali Turun Level, Jokowi: COVID-19 Sudah Menurun 78 persen

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya