Usai Buka Bersama, Zulkifli Hasan dan Jokowi Buat Kesepakatan Apa Ya?

Apakah terkait koalisi ke depan?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri buka bersama yang diadakan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, pada Jumat (10/5).

Jokowi tiba di rumah dinas Zulkifli sekitar pukul 17.16 WIB. Sebagai tuan rumah, Zulkifli pun menyambut Jokowi di depan rumahnya. Keduanya tampak tertawa dan berjabat tangan, menunjukkan keakraban mereka.

Tak berselang berapa lama, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tiba di rumah dinas Zulkifli. Jokowi dan JK lalu dipersilakan masuk oleh Zulkifli.

Usai acara buka bersama, para wartawan sudah menanti Jokowi untuk memberikan sedikit pernyataan tentang pertanyaan yang telah kami siapkan. Namun, bukannya menjawab pertanyaan para wartawan, Jokowi malah mengatakan bahwa ia dan Zulkifli telah membuat kesepatan.

Apa itu?

Baca Juga: Gelar Bukber, Zulhas Cerita Keakrabannya dengan Jokowi

1. Kesepakatan antara Jokowi, Zulkifli, dan Bambang Soesatyo

Usai Buka Bersama, Zulkifli Hasan dan Jokowi Buat Kesepakatan Apa Ya?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sekitar pukul 18.40 WIB, Jokowi dan Zulkifli keluar rumah karena acara telah berakhir. Para wartawan langsung menghadang keduanya dan meminta sedikit tanggapan.

Salah seorang wartawan bertanya tentang pernyataan Zulkifli saat sambutan yang mengatakan bahwa hubungannya dengan Jokowi tetap akrab meski berbeda pilihan. Kemudian, wartawan pun memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk menjawab.

"Ya tadi kita sepakat bersama, di satu meja tadi Pak Ketua MPR, ada juga Pak Wapres, ada juga Ketua DPD, ada juga Pak Ketua DPR, Ketua MK juga sepakat, kita sepakat semuanya bahwa nanti pada hari Senin kita akan berbuka puasa di tempatnya Pak Ketua DPR, Pak Bambang Soesatyo. Kesepakatan kita itu," kata Jokowi sambil tertawa, lalu pergi meninggalkan wartawan yang juga ikut tertawa.

Kami pun sedikit terheran dengan pernyataan Jokowi. Karena kami berpikir bahwa kesepakatan tersebut terkait dengan koalisi, ternyata Jokowi hanya melempar kelakar terhadap kami, para wartawan, yang kadung serius mendengarkannya berbicara.

2. Zulhas cerita keakrabannya dengan Jokowi

Usai Buka Bersama, Zulkifli Hasan dan Jokowi Buat Kesepakatan Apa Ya?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di hadapan Jokowi dan tamu undangan yang hadir, Zulkifli mengatakan bahwa dirinya yang tak mendukung Jokowi di Pilpres 2019, tidak membuat hubungan keduanya retak. Ia mengungkapkan, Jokowi tetap menerimanya dengan baik saat di Istana.

"Saya tidak mendukung Pak Jokowi, tapi saya datang kepada presiden seperti biasa, buka bersama secara bergiliran. Pak Jokowi menerima dengan baik, akrab, itu yang kita anggap bisa menjahit kembali merah-putih," kata Zulkifli di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (10/5).

Zulkifli pun kemudian berharap agar politik tak memecah belah bangsa. Ia berharap agar Indonesia semakin memperkokoh kebersamaan.

"OSO (Oesman Sapta), Imin (Muhaimin Iskandar) juga beda, tapi kita bisa bersama-sama. Itu yang MPR harapkan, bahwa nanti kita bisa memperkokoh kebersamaan kita kembali, karena pemilihan itu satu keniscayaan," ujarnya.

3. Para pejabat negara yang hadir di rumah Zulhas

Usai Buka Bersama, Zulkifli Hasan dan Jokowi Buat Kesepakatan Apa Ya?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain dihadiri oleh Jokowi dan JK, acara buka bersama juga dihadiri oleh Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR RI, Muhaimin Iskandar, politisi senior Golkar, Akbar Tandjung, Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, Wakapolri Aridono, Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto, politisi senior Golkar, Aburizal Bakrie, Ketua DPD, Oesman Sapta Odang, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

Baca Juga: Lautan Manusia Penuhi Kampanye Akbar, Zulkifli: Tanda Kemenangan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya