Buruh Demo di Istana Hari Ini, Jokowi Terbang ke Sintang Kalbar

Jokowi akan tinjau tanggul dan beri bansos ke korban banjir

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertolak ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, untuk melakukan kunjungan kerja pagi ini. Di hari yang sama, ribuan buruh akan berdemonstrasi di depan Istana guna menuntut kenaikan Upah Minimal Provinsi (UMP).

Di Kabupaten Sintang, Jokowi diagendakan meninjau tanggul penanggulangan banjir di Kelurahan Ladang hingga meresmikan bandara.

"Bersama rombongan terbatas, Presiden lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.00 WIB," demikian keterangan Sekretariat Presiden, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Ribuan Buruh Siap Demo di Istana Hari Ini, Tuntut Kenaikan UMP 2022

1. Jokowi akan resmikan Bandara Tebelian

Buruh Demo di Istana Hari Ini, Jokowi Terbang ke Sintang KalbarPresiden Jokowi menanam pohon dengan masyarakat NTB (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Tiba di Bandar Udara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Jokowi akan melanjutkan penerbangan menggunakan pesawat ATR Garuda dan pesawat CN 295 TNI AU menuju Kabupaten Sintang.

"Setibanya di Bandar Udara Tebelian, Kabupaten Sintang, Presiden diagendakan untuk  meninjau sejumlah fasilitas dan meresmikan bandara tersebut," tulis Sekretariat Presiden lagi.

2. Jokowi juga akan serahkan bansos pada warga terdampak banjir

Buruh Demo di Istana Hari Ini, Jokowi Terbang ke Sintang KalbarPresiden Jokowi kunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru pada Selasa (7/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Setelah itu, Jokowi diagendakan meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir di Kelurahan Ladang. Orang nomor satu di Indonesia itu juga akan menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir di halaman Detasemen Kesehatan Wilayah Sintang.

Mengakhiri kunjungan kerjanya, Jokowi akan melakukan penanaman pohon bersama masyarakat di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS), Kelurahan Kedabang.

3. Jokowi terbang ke Sintang ditemani Pratikno dan Basuki

Buruh Demo di Istana Hari Ini, Jokowi Terbang ke Sintang KalbarPresiden Jokowi kunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru pada Selasa (7/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kunjungannya ke Kalimantan Barat, Jokowi didampingi oleh  Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Ada juga perangkat Istana yang mendampingi seperti Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.

Baca Juga: Jokowi: Banjir Sintang Terjadi karena Daerah Tangkapan Hujan Rusak

4. Ribuan buruh demo di depan Istana hari ini tuntut kenaikan UMP

Buruh Demo di Istana Hari Ini, Jokowi Terbang ke Sintang KalbarIlustrasi demo buruh. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Sementara, ribuan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan berdemonstrasi di depan Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu ini. Mereka akan menuntut kenaikan UMP 2022. Demonstrasi akan dilaksanakan mulai pukul 9.30 WIB.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, demo di Jakarta akan berpusat di tiga titik, yakni di depan Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi (MK), dan Balai Kota DKI Jakarta.

"Lokasi-lokasi yang akan dituju peserta aksi adalah Mahkamah Konstitusi, Istana Presiden, dan Balai Kota DKI Jakarta," kata Said dalam konferensi pers, Selasa (7/12/2021).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya