Cakra 19 Sebut Jan Ethes Simbol Baru Kampanye Jokowi, Ini Jawaban TKN

Sang cucu dianggap menaikkan elektabilitas Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua relawan Tim Cakra 19, Andi Widjajanto, memperkenalkan simbol baru kampanye calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo. Simbol baru tersebut adalah Jan Ethes yang menaiki unicorn.

"Jadi yang paling mereka (kubu Prabowo) takutkan adalah Jan Ethes naik unicorn. Jadi, gambar ini melambangkan banyak hal. Ethes, kita punya, mereka (kubu Prabowo) gak punya. Unicorn, Pak Jokowi paham betul, mereka gak paham," kata Andi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Disebut Jan Ethes sebagai simbol baru kampanye, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf pun mengklarifikasi bahwa yang dimaksud bukan menjadikan Jan Ethes sebagai 'alat' kampanye, melainkan hanya sebagai daya tarik karena Ethes termasuk dalam keluarga Presiden.

1. TKN akui tak pernah gunakan Ethes sebagai alat kampanye

Cakra 19 Sebut Jan Ethes Simbol Baru Kampanye Jokowi, Ini Jawaban TKNinstagram.com/dr_tompi

Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong, menyampaikan bahwa TKN tidak pernah menggunakan Ethes sebagai alat kampanye. Menurutnya, Ethes secara alami memang sudah menjadi ikon kampanye, karena ia merupakan bagian dari keluarga Presiden.

"Kalau sebagai daya tarik, iya. Jan Ethes sebagai bagian dari keluarga Pak Jokowi. Tentu saja dia punya daya tarik. Tapi daya tarik itu bukan karena kemudian kita manfaatkan itu. Dia alami saja," kata Usman saat dihubungi IDN Times, Jumat (8/3).

"Beda dengan satu partai yang misalnya melibatkan anak-anak dalam kampanye. Kalau kita tidak direkayasa, tidak diatur-atur untuk menjadikan Jan Ethes ikon kampanye," ungkapnya.

Baca Juga: Jan Ethes Naik Unicorn Jadi Simbol Kampanye, Ketua Timses: Tak Masalah

2. Kedekatan Ethes dan Jokowi hanya sebagai kakek dan cucu

Cakra 19 Sebut Jan Ethes Simbol Baru Kampanye Jokowi, Ini Jawaban TKNinstagram.com/janethes_story

Sementara itu, Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni, mengatakan bahwa TKN tidak pernah memanfaatkan Jan Ethes sebagai alat kampanye. Dan TKN tidak pernah mengeksploitasi anak-anak untuk ikut dalam kampanye. Juli menyampaikan, apa yang disampaikan Andi sebagai ikon karena Jan Ethes adalah keluarga Presiden dan memiliki kedekatan batin dengan Jokowi sebagai kakek.

"Jan Ethes merupakan cucu Pak Jokowi, banyak yang suka, dan Pak Jokowi juga sayang kepada Jan Ethes. Dengan Jan Ethes sebagai hubungan seorang kakek dan cucu saja," terang Juli kepada IDN Times, Jumat (8/3).

3. Jan Ethes menaikkan elektabilitas Jokowi secara natural

Cakra 19 Sebut Jan Ethes Simbol Baru Kampanye Jokowi, Ini Jawaban TKNinstagram.com/janethes_story

Usman pun menyampaikan bahwa Jan Ethes mungkin saja bisa menaikkan elektabilitas Jokowi, tetapi itu semua berjalan dengan natural. Dan populernya Ethes tidak dimanfaatkan TKN untuk dimasukkan ke dalam kampanye.

"Ya ikut berperan di dalam mengangkat elektabilitas tanpa dimanfaatkan, diatur-atur untuk jadi apa gak. Itu proses alami saja. Tapi kami sendiri tidak menjadikan Jan Ethes untuk menarik orang memilih Pak Jokowi," jelasnya.

Baca Juga: Kubu Jokowi dan Prabowo Kompak Satu Hal: Jan Ethes!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya