Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Lesti Kejora Jadi Bupati Cianjur

Lesti tampak memakai pakaian ala bupati

Jakarta, IDN Times - Sebuah unggahan video di media sosial Facebook menampilkan dan mencatut nama selebritas Lesti Kejora, yang disebut-sebut dilantik menjadi Bupati Cianjur.

Dalam unggahan itu, Lesti tampak mengenakan pakaian formal dengan jas, dasi, serta topi dengan lambang Garuda Pancasila.

Pada video tersebut, narasi juga disematkan dalam sampul depan unggahan video yang bertuliskan "Dalam keadaan hamil tua, Lesti diangkat menjadi Bupati Cianjur".

Baca Juga: Produksi 765 Konten Hoaks di Aktual TV, Arief Zainurrohman Raup Rp2 M

1. Video soal Lesti sudah ditonton lebih dari 2 juta orang

[CEK FAKTA] Lesti Kejora Jadi Bupati CianjurTangkapan layar unggahan hoaks yang menyebut Lesti Kejora menjabat sebagai Bupati Cianjur. (dok. ANTARA News/Facebook)

Dikutip dari ANTARA, unggahan yang dilansir dari YouTube itu telah disukai 43 ribu pengguna lain Facebook, mendapatkan lebih dari tiga ribu komentar, serta ditonton lebih dari 2 juta orang. Video tersebut juga dibanjiri komentar dari warganet.

"Semoga menjadi bupati yang dicintai masyarakat yang banyak.. Lampung mendoakanmu. Dede Lesti dan Aa bilar," tulis salah satu komentar.

2. Bupati Cianjur masih Herman Suherman

[CEK FAKTA] Lesti Kejora Jadi Bupati CianjurBupati Cianjur Herman Suherman (Twitter/@H_HermanCianjur)

Lalu, apakah benar Lesti menjadi Bupati Cianjur?

Hingga kini belum ditemukan sumber resmi yang menyebut Lesti Kejora mendadak diangkat sebagai Bupati Cianjur.

Bupati Cianjur untuk periode 2021-2025 adalah Herman Suherman yang merupakan bupati petahana terpilih dalam pemilihan kepala daerah pada 2021.

3. Lesti masih tetap beraktivitas sebagai selebritas

[CEK FAKTA] Lesti Kejora Jadi Bupati CianjurLesti Kejora dan Rizky Billar awal PDKT (YouTube.com/LESTI CHANNEL/)

Tampilan foto Lesti Kejora mengenakan pakaian resmi sebagaimana pejabat daerah, merupakan hasil suntingan foto muka Lesti yang disematkan pada foto seorang pejabat dengan pakaian resmi.

Sementara, Lesti Kejora masih beraktivitas sebagai selebritas dan penyanyi dangdut, seperti dari unggahan akun resminya di Instagram, @lestykejora.

Dengan begitu, narasi yang menyebut Lesti Kejora menjadi Bupati Cianjur adalah konten menyesatkan alias hoaks.

Baca Juga: Inspirasi OOTD Hijab ala Lesti Kejora, Warna Pastelnya Boleh Juga!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya