Cerita Sandiaga saat Ditawari Kursi Menparekraf oleh Jokowi

Sandiaga sempat rancu mengartikan pesan dari Mensesneg

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Usai pelantikan, Sandiaga bercerita ketika ia ditawari posisi di kabinet dan diminta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk menghadap Presiden Jokowi.

Pria yang akrab disapa Sandi ini mengatakan, pemberitahuan dirinya masuk di dalam kabinet diketahui saat ia tengah melakukan penyembuhan usai terpapar COVID-19.

1. Sandiaga mendapatkan pesan 'bismillah' dari Pratikno

Cerita Sandiaga saat Ditawari Kursi Menparekraf oleh JokowiANTARA FOTO/Akbar Tado

Sandi mengungkapkan, ketika ia baru saja selesai penyembuhan dari COVID-19, kemudian dia mendapatkan banyak pesan dukungan dan doa. Dari seluruh pesan yang dia terima, ternyata terselip sebuah pesan dari Pratikno.

"Ternyata ada satu pesan dari Pak Pratik, kira-kira Jumat minggu lalu, singkat saja pesannya yaitu 'bismillah mas'. Wah saya pikir ini bismillah untuk kesembuhan saya gitu. Saya jawab 'bismillah pak'," ujar Sandi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Tiga Sahabat Jadi Menteri, Sandiaga dan Lutfi Susul Erick Thohir 

2. Sandiaga langsung disuruh menghadap Jokowi Selasa sore

Cerita Sandiaga saat Ditawari Kursi Menparekraf oleh JokowiPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Setelah pesan Pratikno tersebut, Sandi kemudian mendapatkan pesan juga dari anggota kabinet lainnya. Salah satunya dari Menteri BUMN Erick Thohir. Namun, ia belum mengetahui pasti terkait info dirinya mendapatkan kursi di kabinet.

"Pak Budi Gunawan, KaBIN, dan Pak Erick Thohir juga menghubungi. Jadi karena rancu antara kesembuhan dan pesan lainnya, tentunya konfirmasi baru hari Senin dari Pak Pratik mengabarkan bahwa kemungkinan akan dipanggil dan diminta menghadap Senin sore atau Selasa," jelasnya.

Usai mendapatkan pesan konfirmasi dari Pratikno, akhirnya Sandi diminta untuk menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan pada Selasa (22/12/2020) sore, pukul 15.00 WIB.

"Selasa pagi saya mendapatkan kabar dari Istana hadir pukul 15.00 WIB tanpa memberikan informasi lain, hanya menggunakan baju putih. Jadi itu cerita sedikit pengalaman saya," tuturnya.

3. Sandiaga akan lakukan serah terima jabatan dengan Wishnutama

Cerita Sandiaga saat Ditawari Kursi Menparekraf oleh JokowiIDN Times/Hana Adi Perdana

Setelah pelantikan di Istana Kepresidenan hari ini, Sandi menuturkan akan langsung melakukan serah terima jabatan bersama mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

"Setelah ini kami akan langsung melakukan sertijab dengan sahabat lama saya, Mas Wishnutama, setelah itu di level teknis akan disampaikan beberapa program-program," katanya.

Baca Juga: Sandiaga Jadi Menteri Parekraf, Bima Arya: Bogor Siap Berkoordinasi 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya