Cerita Suroto Diundang ke Istana Usai Bentangkan Poster ke Jokowi

Jokowi undang Suroto ke Istana hari ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengundang peternak ayam, Suroto, ke Istana Kepresidenan Jakarta hari ini. Nama Suroto sempat viral lantaran poster yang ia bentangkan saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Blitar, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Aksi nekatnya membentangkan poster bertuliskan 'Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar' ke arah Presiden Jokowi itu, ternyata berhasil membawanya dan asosiasi peternak ayam lainnya ke Istana Negara. Suroto sendiri mengatakan Presiden Jokowi tak marah sama sekali padanya saat bertemu. Orang nomor satu di Indonesia itu justru berterima kasih kepadanya.

"Pak jokowi gak marah, beliau berterima kasih kepada saya karena membentangkan poster. Pak Jokowi bilang kalau gak ada kamu yang bentangkan poster, saya gak akan tau kondisinya," kata Suroto usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Bentangkan Poster Saat Jokowi Melintas, Pria Ini Ditangkap Polisi

1. Jokowi akui tak tahu permasalahan ketidakstabilan harga jagung dan telur

Cerita Suroto Diundang ke Istana Usai Bentangkan Poster ke JokowiPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengaku tidak tahu dengan kondisi ketidakstabilan harga jagung dan telur saat ini. Sebab, ia tidak pernah mendapatkan laporan tentang hal itu.

"Saya gak akan tahu kondisi di bawah karena laporan anak buahnya gak nyampe ke atas," ujar Suroto menirukan apa yang disampaikan Jokowi.

Baca Juga: Faisal Basri: Tak Perlu Badan Pangan Nasional jika K/L Jalankan Tugas

2. Suroto akui sempat minta maaf ke Jokowi

Cerita Suroto Diundang ke Istana Usai Bentangkan Poster ke JokowiPeternak ayam Blitar, Suroto, di Kompleks Istana Negara pada Rabu (15/9/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Meski begitu, Suroto mengaku sempat meminta maaf kepada Presiden Jokowi atas poster yang telah ia bentangkan. Dia mengaku hanya ingin dibantu oleh Jokowi agar masalah ketidakstabilan harga selesai.

"Kalau saya gak nekat membentangkan poster, ini pasti gak akan ditanggapi. Dalam artian, saya percaya ini gak nyampe ke Pak Jokowi. Saya percaya satu-satunya orang di Indonesia pada saat ini yang bisa menolong peternak ya hanya Pak Jokowi, itu aja," ucap Suroto.

3. Suroto tak menyangka posternya akan membawanya bertemu Jokowi

Cerita Suroto Diundang ke Istana Usai Bentangkan Poster ke JokowiAsosiasi Peternak memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi pada Rabu (15/9/2021) di Istana Negara. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Suroto mengaku tak menyangka aksi nekatnya itu bisa mengantarkannya bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia. Sebab, selama ini ketua-ketua asosiasi susah berusaha untuk koordinasi dengan dinas perdagangan dan pertanian setempat, namun tak membuahkan hasil.

"Minta audiensi, hearing sama Kementan, tapi yang menemui cuma Dirjen PKH-nya. Jadi, gak bisa memberikan solusi, sedangkan kita terjepit posisinya. Usaha itu gak bisa jalan," terangnya.

Dia pun menegaskan bahwa demo yang dilakukan Suroto murni untuk kesejahteraan para peternak dan petani.

"Tidak ada tendensi politik apa-apa ya ini, murni saya sebagai peternak mandiri," ujar Suroto.

Baca Juga: Jokowi Minta Bank Kucurkan Kredit agar Dunia Usaha Bergeliat

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya