Datangi KPU, 9 Sekjen Koalisi Jokowi Konsultasi Pendaftaran Capres

Mereka diterima langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman.

Jakarta, IDN Times - Sekretaris jenderal (sekjen) partai koalisi Joko "Jokowi" Widodo mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (7/8), di Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya tersebut, ke-9 sekjen koalisi Jokowi akan meminta penjelasan teknis kepada Ketua KPU Arief Budiman terkait dengan pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2019.

Ke-9 sekjen tersebut adalah Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding, Sekretaris Jenderal Golkar Lodewijk Paulus, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq, Sekretaris Jenderal Hanura Herry Lontung, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani, Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G Plate, dan Sekretaris Jenderal PKPI Verry Surya Hendrawan.

1. Koalisi Jokowi datang melakukan konsultasi

Datangi KPU, 9 Sekjen Koalisi Jokowi Konsultasi Pendaftaran CapresIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam kunjungan ke-9 sekjen, mereka tampak rapi dengan mengenakan pakaian berwarna partai mereka masing-masing. Ke-9 sekjen terlihat kompak berjalan beriringan masuk ke dalam gedung KPU.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa kedatangan mereka ke KPU dalam rangka meminta informasi terkait teknis pendaftaran Pilpres.

"Kami datang, untuk melakukan konsultasi dengan seluruh komisioner KPU terkait dengan momentum yang sebentar lagi akan dilakukan pendaftaran capres dan cawapres yang diusung oleh gabungan partai politik," jelas Hasto, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (7/8).

2. Koalisi Jokowi meminta informasi teknis pendaftaran

Datangi KPU, 9 Sekjen Koalisi Jokowi Konsultasi Pendaftaran CapresIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Hasto, koalisi Jokowi perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu terhadap aspek-aspek teknis. Tentunya, masalah administratif juga dinilainya sangat penting.

"Karena kami ingin ketika mendaftar segala sesuatu sudah siap sepert susunan tim kampanye visi misi presiden, kemudian persyaratan-persyaratan legalitas yang diperlukan pasangan capres maupun cawapres," ujarnya.

Baca Juga: Gempa 5,5 SR Kembali Mengguncang, Tamu Hotel Pilih Tidur di Lobby

3. Arief Budiman menjelaskan langsung kepada 9 sekjen

Datangi KPU, 9 Sekjen Koalisi Jokowi Konsultasi Pendaftaran CapresIDN Times/ Afriani Susanti

Dalam pertemuan ke-9 sekjen bersama komisioner KPU, mereka pun diberi penjelasan tentang teknis pendaftaran yang dilakukan. Penjelasan tersebut langsung disampaikan oleh Ketua KPU Arief Budiman.

Arief menjelaskan detail tentang berapa orang dari partai politik yang bisa masuk ke dalam, bagaimana mekanisme pendaftarannya, dan tempat media untuk melakukan konferensi pers.

Baca Juga: Punya Kesan Mendalam dengan Indonesia, Ozil Doakan Korban Gempa Lombok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya