Debat Capres Kedua: Prabowo Dapat Giliran Pertama

Prabowo-Sandiaga akan sampaikan visi misi terlebih dahulu

Jakarta, IDN Times - Menjelang debat kedua Pilpres 2019, kedua calon presiden akan berlomba-lomba menyampaikan gagasan dan program masing-masing. Debat capres hari ini akan diselenggarakan di Hotel Sultan pukul 20.00 WIB, dengan MNC Grup yang menjadi media partner.

1. Prabowo menang undian penampil giliran pertama

Debat Capres Kedua: Prabowo Dapat Giliran PertamaIDN Times/istimewa

Sebelum debat dimulai, MNC Grup menggelar gladi bersih agar debat nanti malam bisa berjalan dengan lancar. Saat simulasi debat, rupanya calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan visi misinya terlebih dahulu.

Hal itu disampaikan kedua moderator yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki, saat simulasi debat berlangsung.

Kesempatan pertama diberikan kepada Prabowo, melalui hasil pengundian di KPU. Setelah Prabowo menyampaikan visi misinya, giliran calon presiden nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo yang sampaikan visi misinya.

2. Ada enam segmen debat

Debat Capres Kedua: Prabowo Dapat Giliran PertamaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Debat yang kedua ini akan berlangsung sebanyak 6 segmen. Adapun tema dalam debat yaitu Sumber Daya Alam, Infrastruktur, Energi dan Pangan, dan Lingkungan Hidup. KPU akan menjanjikan akan ada hal berbeda dari debat pertama, khususnya satu sesi yang dipegang oleh moderator. 

"Segmen ke empat kita menamai ada sesi eksploratif kemudian sesi lima ada inspirasi. Kita meyakinkan mekanisme debat yang berbeda dengan debat pertama," kata Ketua KPU Wahyu Setiawan. 

"Kita berharap format ini akan lebih memungkinkan kandidat tampil lebih bersinar, natural dan lebih eksploratif untuk sampaikan gagasan besar menyampaikan menyangkut visi misi dan program masing-masing," ujar Wahyu menambahkan.

Baca Juga: Hadapi Jokowi di Debat Capres, Prabowo akan Bawa Kertas Catatan Data

3. Deretan bangku undangan dipenuhi nama sejumlah pejabat

Debat Capres Kedua: Prabowo Dapat Giliran PertamaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Selain kedua pasangan calon dan tim sukses, para pejabat negara juga hadir dalam acara debat. Bahkan, kursi bagi tamu undangan sudah tertata dengan rapi. Sederet nama pun sudah disiapkan di bangku terdepan.

Nama-nama itu yakni Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kemudian Menko Polhukam Wiranto, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Selanjutnya, ada Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketauan Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus, Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, MenPAN-RB Syafruddin, Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Tempat duduk Anies Baswedan akan berdampingan dengan Nasaruddin Umar dan Wiranto. Kemudian di sisi Wiranto ada Darmin Nasution, Luhut Binsar Pandjaitan dan Fadli Zon.

Masih di deretan yang sama, ada Bambang Soesatyo yang akan berdampingan dengan Zulkifli Hasan, Jaja Ahmad Jayus, Basuki Hadimuljono, Budi Karya Sumadi, Syafruddin, Siti Nurbaya Bakar, Ignasius Jonan dan Bambang Brodjonegoro. Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan juga akan duduk di deretan paling depan bersama para pejabat tersebut.

Baca Juga: Soal-Soal Debat Capres Diserahkan ke Moderator Debat Sejak Siang

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya