Debat Tak Pengaruhi Elektabilitas Jokowi, Ini Kata Erick Thohir 

Tim Jokowi akan jadikan hasil survei sebagai evaluasi

Jakarta, IDN Times - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terkait elektabilitas terbaru capres-cawapres 2019, usai debat pertama. Dalam survei tersebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf tetap unggul dengan angka 54,8 persen. Sementara Prabowo-Sandiaga 31 persen.

Dari survei itu, rupanya debat capres-cawapres pertama yang berlangsung Kamis (17/1) lalu, tidak berpengaruh besar terhadap elektabilitas Jokowi-Ma'ruf.

Lantas bagaimana respons Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengetahui hal ini? Ketua TKN Erick Thohir mengatakan, tetap percaya diri karena kubu petahana masih unggul 20 persen dibanding kubu lawan.

Baca Juga: TKN Pastikan Tabloid Indonesia Barokah Bukan Kendalinya 

1. Erick tetap optimistis karena elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih tinggi

Debat Tak Pengaruhi Elektabilitas Jokowi, Ini Kata Erick Thohir IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Erick mengatakan, tidak terlalu memusingkan hasil survei tersebut. Dia sebaliknya merasa tetap puas karena dari hasil survei itu, Jokowi-Ma'ruf tetap unggul dari Prabowo-Sandiaga.

"Alhamdulillah kemarin sudah ada data, debat ini tidak mengubah pilihan dari paslon 01 atau 02, berarti kan debat ini kalau dihubungkan dengan survei, alhamdulillah paslon 01 Jokowi-Ma'ruf masih leading 20 persen," ujar Erick di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Kamis (31/1).

2. TKN akan jadikan hasil survei sebagai bahan evaluasi untuk debat selanjutnya

Debat Tak Pengaruhi Elektabilitas Jokowi, Ini Kata Erick Thohir IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berada di tempat yang sama dengan Erick, Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong mengungkapkan, hasil survei tersebut akan menjadi bahan evaluasi TKN. Menurutnya, TKN akan evaluasi bagaimana menjadikan debat lebih menarik lagi.

"Mungkin karena baru debat pertama, coba nanti kita ukur lagi setelah debat kedua, ketiga, keempat, kelima. Terjadi penambahan memang sangat kecil, buat Pak Jokowi 0,6 persen, buat 02 itu 0,4 persen, memang secara statistik masih kecil, ini jadi bahan evaluasi kita bagaimana debat itu membawa efek yang bagus," kata Usman.

3. TKN akan berusaha kurangi kesalahan Jokowi-Ma'ruf di debat

Debat Tak Pengaruhi Elektabilitas Jokowi, Ini Kata Erick Thohir ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Usman menyatakan, setuju dengan ungkapan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mengatakan, debat memang seperti bermain bulu tangkis, bisa unggul karena kesalahan lawan.

Karena itu, TKN akan mengurangi kesalahan-kesalahan selama debat berlangsung, agar tidak menjadi masalah tersendiri yang mempengaruhi elektabilitas paslon.

"Seperti misalnya kesalahan Jawa Tengah lebih besar dari Malaysia yang Pak Prabowo sampaikan, kemudian presiden itu adalah chief of law enforcement officer, itu kan blunder yang harus kita hindari, kalau dari sisi mau meningkatkan elektabilitas," jelas Usman.

Baca Juga: Persiapan Debat Kedua, TKN Yakin Tampilkan Jati Diri Jokowi-Ma’ruf

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya