Demokrat Sebut Pertemuan SBY dan Prabowo Tak Bahas Politik

Lalu bahas apa ya?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kabar pertemuan tersebut dikatakan akan segera digelar setelah Lebaran.

Namun, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengungkapkan jika pertemuan politik tentang Pilpres tidak akan dilakukan selama Pilkada berlangsung.

1. Pertemuan SBY dan Prabowo tidak akan digelar sebelum Pilkada usai  

Demokrat Sebut Pertemuan SBY dan Prabowo Tak Bahas PolitikTwitter/@SBYudhoyono

Hinca mengatakan, hingga menjelang Lebaran dan setelah Lebaran, SBY dan juga para kader Demokrat akan disibukkan dengan persiapan Pilkada 2018. Sehingga, ke depannya hanya akan fokus terhadap kemenangan Pilkada 2018.

"Kami putuskan, saya akan turun mengurusi Sumatera Utara dan Riau, sementara beliau (SBY) nanti 17, 18 (Juni) ada di Jawa Timur menuntaskan pertempuran di situ. Dari situ ketemu di Kalimantan Timur. Tanggal 21 (Juni) di Pekanbaru Riau, tanggal 22, 23 (Juni) di Jawa Barat," kata Hinca di JCC, Sabut (9/6).

Baca juga: Temu Kader Demokrat, Ini Pesan SBY  

Oleh karena itu, lanjutnya, setelah Pilkada selesai, Partai Demokrat akan kembali fokus terhadap Pilpres 2019.

"Nah jadi kalau ditanya apakah ada pertemuan-pertemuan politik soal Pilpres tadi, tidak akan bicara selama Pilkada ini. Jadi kami selesaikan dulu Pilkada ini," jelasnya.

2. Jika SBY dan Prabowo bertemu sebelum Pilkada, hanya sebatas silaturahmi  

Demokrat Sebut Pertemuan SBY dan Prabowo Tak Bahas PolitikANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Dia melanjutkan, apabila memang ada pertemuan di antara SBY dan Prabowo ke depan, maka kemungkinan mereka hanya bersilaturahmi. Dan tidak ada pembicaraan politik tentang Pilpres 2019.

"Mungkin silaturahmi saja. Tapi hampir mungkin tidak, karena kami punya jadwal yang disebutkan tadi," terang Hinca.

3. Demokrat akan melihat ombak dari Pilkada  

Demokrat Sebut Pertemuan SBY dan Prabowo Tak Bahas PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Partai Demokrat sendiri, ujar Hinca, akan melihat ombak dari Pilkada terlebih dahulu. Sehingga, setelah Pilkada, Partai Demokrat bisa langsung membicarakan peluang koalisi Pilpres 2019.

"Ya kita lihat berapa banyak modal dari 171 (daerah Pilkada) itu. Untuk menguji partai-partai itu kerja atau tidak, itu kayak perana, pendahuluannya, baru kita ngomongin Pilpresnya," ucapnya.

Baca juga: Ini Kriteria Partai yang Ingin Koalisi dengan Demokrat  

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya