Di Hari Pramuka, Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli Nasional

Dua karakter itu sangat penting di tengah pandemik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun secara virtual. Dalam upacara Hari Pramuka itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

"Saya minta kepada saudara-saudara untuk membuat da gerakan nasional. Yang pertama, gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2020)

1. Jokowi juga ajak galakkan gerakkan kepedulian nasional

Di Hari Pramuka, Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli NasionalPresiden Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Istana Negara, Rabu (12/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain meminta masyarakat untuk disiplin, Jokowi juga ingin agar gerakan kepedulian nasional digalakkan. Gerakan itu penting, lanjut dia, untuk mengajak masyarakat saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi. Menurut dia, dua gerakan tersebut dapat membantu penanganan COVID-19 dan juga mengasah karakter.

"Dua gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa pramuka sejati. Sebagaimana tertuang dalam Dwi darma Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka," ucap Jokowi.

Baca Juga: Peringati Hari Pramuka ke-58, Gubernur Jabar: Pramuka Teladan Kebangsaan

2. Karakter disiplin dan peduli sangat dibutuhkan di tengah wabah virus corona

Di Hari Pramuka, Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli NasionalUpacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Istana Negara, Rabu (12/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam menangani pandemik virus corona ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bahwa karakter untuk tetap menjaga kedisiplinan dan kepedulian sangat dibutuhkan saat ini. Terutama di masa-masa krisis seperti sekarang.

"Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya," tuturnya.

3. Jokowi ingatkan pentingnya gotong-royong di masa pandemik

Di Hari Pramuka, Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli NasionalUpacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Istana Negara, Rabu (12/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan tentang pentingnya gotong-royong saat pandemik ini. Sebab, pandemik mengakibatkan krisis kesehatan dan ekonomi, sehingga dibutuhkan saling peduli satu sama lain.

"Kita harus saling membantu dan bergotong-royong menyelesaikan masalah bersama. jika gerakan kedisiplinan dan kepedulian ini terus kita jalankan InshaAllah kita bisa menghambat penyebaran COVID dan mengurangi risiko-risiko ikutannya," tambah Jokowi.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Dasa Darma Pramuka

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya