Dialog dengan Nelayan, Jokowi Janji Akan Lakukan Perbaikan Pelabuhan

Diharapkan, perbaikan bisa tingkatkan kesejahteraan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong yang terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021). Usai peninjauan, Jokowi mengatakan telah menerima banyak keluhan dari para nelayan, salah satunya terkait kondisi pelabuhan.

Oleh karena itu, ia berjanji akan memperbaiki pelabuhan bagi para nelayan tersebut dalam waktu dua hingga tiga bulan ke depan.

"Tetapi tadi ada keluhan mengenai pendangkalan di pelabuhan, di dua lokasi yang dimintakan untuk dikeruk dan saya sudah sampaikan. Nanti dua-tiga bulan segera dilakukan pengerukan, termasuk lampu haluan untuk minta ditinggikan. Diperbaiki juga," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

1. Perbaikan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan

Dialog dengan Nelayan, Jokowi Janji Akan Lakukan Perbaikan PelabuhanPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Terkait keluhan-keluhan para nelayan itu, Jokowi mengaku menyanggupi untuk melakukan perbaikan. Dia berharap perbaikan yang dilakukan bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan, khususnya di Lamongan.

"Sudah saya sanggupi dan kita harapkan beberapa perbaikan tadi nanti bisa meningkatkan perbaikan kesejahteraan nelayan karena mau berlabuh, mau bongkar, lebih mudah," ucap Jokowi.

2. Penghasilan para nelayan masih normal di tengah pandemik COVID-19

Dialog dengan Nelayan, Jokowi Janji Akan Lakukan Perbaikan PelabuhanANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Meski banyak nelayan yang mengeluh, Jokowi menyebut situasi nelayan di tengah pandemik COVID-19 tidak ada masalah. Bahkan, hasil tangkapan mereka juga normal.

"Tadi disampaikan oleh beliau Pak Agus, bahwa kondisi nelayan di sini tidak ada masalah. Dan bisa melaut seperti biasanya, normal. Hasilnya juga normal," tuturnya.

Jokowi selanjutnya dijadwalkan meninjau pabrik pengolahan makanan laut yang menjalankan ekspor hasil olahan ke mancanegara.

3. Jokowi resmikan fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik di Surabaya

Dialog dengan Nelayan, Jokowi Janji Akan Lakukan Perbaikan PelabuhanPresiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Rabu (6/5/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selesai dari Lamongan, Jokowi diagendakan mengunjungi Kota Surabaya. Ia akan mengunjungi dan meresmikan fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya.

Fasilitas tersebut akan menjadi percontohan bagi pengembangan pengelolaan sampah menjadi energi listrik bagi daerah lainnya.

Dikutip dari Sekretariat Presiden, pembangunan fasilitas pengelolaan sampah menjadi energi listrik di sejumlah daerah prioritas telah sejak lama dibahas oleh Jokowi beserta jajaran terkait pada rapat terbatas yang digelar pada 16 Juli 2019 lalu. Upaya pemerintah akan pembangunan fasilitas tersebut tidak hanya terletak pada urusan penyediaan listrik semata, tapi juga hendak membenahi salah satu permasalahan soal manajemen sampah utamanya di kota-kota besar.

Baca Juga: Terbang ke Jatim, Jokowi Akan Resmikan Pengolahan Sampah Jadi Listrik

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya