Diangkat Jadi KSAD, Andika: Monggo Orang Mau Ngomong Apa Saja

Dikabarkan ada campur tangan Hendro Priyono

Jakarta, IDN Times - Jenderal Andika Perkasa telah resmi dilantik oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11).  

Sempat dipertanyakan alasan Jokowi memilihnya karena usianya yang terbilang masih muda dan kariernya yang terhitung belum cukup lama, Andika pun tak memusingkan hal itu. Ia mengaku terserah masyarakat menilainya bagaimana, yang terpenting adalah saat ini ia tetap menjalankan tugasnya sebagai KSAD.

1. Andika tak ingin pedulikan stigma orang kepadanya

Diangkat Jadi KSAD, Andika: Monggo Orang Mau Ngomong Apa SajaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Andika menyebut bahwa ia tidak mau memusingkan segala stigma masyarakat tentang keterpilihannya sebagai KSAD. Andika mengatakan, dirinya menjadi KSAD karena memang telah dipercayakan oleh Presiden Jokowi.

"Orang kalau mau ngomong apa saja monggo, saya kan gak bisa komentar yang gak perlu. Kan semuanya beliau yang memutuskan, saya tidak tahu apa yang ada di dalam penilaian beliau, saya kan dari dulu gini aja," kata Andika di Istana Negara, Kamis (22/11).

2. Andika enggan komentar tentang keterlibatan Hendropriyono

Diangkat Jadi KSAD, Andika: Monggo Orang Mau Ngomong Apa SajaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Saat ditanya apakah terpilihnya dia ada hubungannya dengan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Mahmud Hendropriyono, Andika mengaku enggan berkomentar lebih jauh. Ia pun menyerahkan segalanya kepada pandangan masyarakat.

"Itu tadi monggo, mau ngomong apa juga, saya gini, dari dulu juga gini. Gak ada yang saya komentar lagi, terserah," ungkap dia.

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Memilih Andika Perkasa Sebagai KSAD

3. Andika akan mulai membangun komunikasi dengan seniornya

Diangkat Jadi KSAD, Andika: Monggo Orang Mau Ngomong Apa SajaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Meski terbilang usianya masih muda, Andika menyampaikan akan mulai membangun komunikasi di internal TNI Angkatan Darat. Terutama, komunikasi kepada para senior di dalam struktur AD.

"Ya saya menyadari itu, banyak senior saya yang di dalam struktur AD, saya pasti akan menjalin komunikasi, seperti yang selama ini sudah kami lakukan juga, itu bagi saya hal terpenting, karena tanpa dukungan senior-senior gak mungkin saya bisa berjalan sesuai arah yang mungkin mereka harapkan," jelas Andika.

4. Andika akan mempelajari terlebih dahulu internal AD

Diangkat Jadi KSAD, Andika: Monggo Orang Mau Ngomong Apa SajaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Andika mengatakan, hal yang akan dia lakukan usai dilantik menjadi KSAD adalah melakukan orientasi dan juga pembinaan. Hal itu ia butuhkan guna mengetahui lebih dalam lagi internal AD.

"Saya lihat dulu karena kan saya baru tiba-tiba, gak tahu. Kemarin saja belum tahu, saya kau orientasi dulu, pelajari, setelah itu kita lihat apakah perlu diubah. Yang jelas, banyak yang perlu dilanjutkan dari kepemimpinan Pak Mulyono," ujarnya.

5. Andika akan menjaga amanat Jokowi dengan baik

Diangkat Jadi KSAD, Andika: Monggo Orang Mau Ngomong Apa SajaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Terkait pesan Jokowi sendiri, Andika menyampaikan bahwa tidak ada pesan secara khusus yang diberikan. Walau begitu, ia harus tetap menjaga amanat Jokowi dan melakukan tugasnya dengan baik.

"Saya secara otomatis kemudian harus menerjemahkan, bahwa tugas ini harus saya jaga kepercayaan dari presiden, yang telah memberikan kesempatan, gitu aja," terangnya.

Baca Juga: Inilah Profil Andika Perkasa yang Dilantik Presiden Jokowi Jadi KSAD

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya