Diizinkan BPOM, Jokowi Minta Vaksinasi Anak 12-17 Tahun Segera Dimulai

Vaksinasi anak menggunakan vaksin Sinovac 

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku bersyukur karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin darurat penggunaan vaksin Sinovac untuk anak usia 12 hingga 17 tahun. Dengan adanya izin tersebut, Jokowi berharap vaksinasi terhadap anak-anak bisa segera dilakukan.

"Kita juga bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman untuk usia 12 hingga 17 tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa dimulai," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Tingkat Kematian Tinggi, Menkes Kaji 2 Vaksin COVID-19 untuk Anak

1. Jokowi perintahkan jajarannya bekerja lebih keras agar target 2 juta vaksinasi per hari bisa tercapai

Diizinkan BPOM, Jokowi Minta Vaksinasi Anak 12-17 Tahun Segera DimulaiPernyataan Presiden Jokowi terkait Vaksinasi untuk Anak pada Senin (28/6/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mengenai target vaksinasi, Jokowi meminta jajarannya untuk tetap berkerja keras agar bisa terus mencapai target 1 juta vaksinasi per hari. Dengan begitu, maka Jokowi optimistis target 2 juta vaksinasi per hari pada Agustus mendatang bisa tercapai.

"Saya mengingatkan bahwa seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target satu juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli, dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021 yaitu mencapai 2 juta dosis per hari," jelasnya.

2. Jokowi ingatkan masyarakat tak keluar rumah jika tidak perlu

Diizinkan BPOM, Jokowi Minta Vaksinasi Anak 12-17 Tahun Segera DimulaiIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengingatkan agar masyarakat juga ikut membantu pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Hal itu agar penyebaran virus corona bisa berkurang.

"Untuk itu, saya mohon kepada bapak, ibu dan saudara-saudara kita semua, untuk tidak ragu divaksinasi dan tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan sekali lagi tinggallah di rumah selagi tidak ada kebutuhan mendesak," ucap Jokowi.

3. BPOM rekomendasikan penggunaan vaksin COVID-19 pada anak usia 12-17 tahun, dengan dosis 600 SU/0,5 mL

Diizinkan BPOM, Jokowi Minta Vaksinasi Anak 12-17 Tahun Segera DimulaiIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengizinkan penggunaan vaksin COVID-19 pada anak usia 12-17 tahun.

Izin itu tertuang dalam Surat Pengajuan Nomor RG.01.02.322.06.21.00169/T mengenai Hasil Evaluasi Khasiat dan Keamanan Komite Nasional Penilai Obat yang mereka kirim ke Bio Farma tertanggal 27 Juni.

Dalam surat yang ditandatangani Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif BPOM Dra Togi Junice Hutadjulu Apt MHA tersebut dibeberkan pertimbangan hasil penilaian dan pembahasan pada Rapat Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin COVID-19 pada 26 Juni 2021, untuk pengajuan penggunaan vaksin COVID-19 pada anak usia 3 sampai 17 tahun.

Hasilnya, BPOM merekomendasikan untuk menerima penggunaan vaksin COVID-19 pada anak usia 12 hingga 17 tahun, dengan dosis 600 SU/0,5 mL (medium dose). Rekomendasi tersebut berdasarkan pertimbangan, profil umogenisitas dan keamanan pada dosis medium (600 SU/05 mL) lebih baik dibanding dosis rendah (300 SU/0,5 mL).

Kemudian, dari data keamanan uji klinik fase I dan II, profil AE sistemik berupa fever pada populasi 12-17 tahun tidak dilaporkan dibandingkan dengan usia 3 hingga 5 tahun dan 6 hingga 11 tahun.

"Imunogenisitas dan keamanan pada populasi remaja 12-17 tahun diperkuat dengan data hasil uji klinik pada populasi dewasa, karena maturasi sistem imun pada remaja seusai dengan dewasa. Dan data epidemiologi COVID-19 di Indonesia menunjukkan mortalitas tinggi pada usia 10 hingga 18 tahun sebesar 30 persen," demikian bunyi surat tersebut.

Baca Juga: Beredar, Surat BPOM Izinkan Sinovac untuk Vaksinasi Anak 12-17 Tahun

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya