Diklaim Gabung Gerindra-PKS, PAN: Kami Belum Memutuskan

Sikap resmi PAN akan ditentukan saat Rakernas

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menanggapi isu yang mengatakan bahwa PAN telah bergabung dengan Sekretariat Bersama (Sekber) Gerindra-PKS. Ia menegaskan PAN belum memutuskan bergabung dengan koalisi manapun.

1. PAN belum bergabung dengan Sekber manapun

Diklaim Gabung Gerindra-PKS, PAN: Kami Belum Memutuskan

Eddy menyampaikan bahwa kabar PAN telah bergabung dengan Sekber Gerindra-PKS hanyalah karena salah komunikasi saja. Ia mengatakan partainya belum memutuskan untuk berkoalisi untuk Pilpres 2019.

"Kami sudah klarifikasi juga bahwa PAN belum bergabung ke Sekber. Tidak hanya Sekber Gerindra-PKS tapi ke Sekber manapun. Alasannya, karena PAN belum menentukan pilihan politik," jelas Eddy di kediaman Zulkifli Hasan, Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (30/5).

2. Arah politik PAN ditentukan dalam Rakernas

Diklaim Gabung Gerindra-PKS, PAN: Kami Belum Memutuskan

Eddy mengatakan PAN baru bisa memutuskan arah koalisi setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN digela pada Juni atau Juli mendatang.

"Jadi sebelum ada keputusan resmi dari PAN, kita tentu belum bisa bergabung ke salah satu pihak yang memang sudah menyatakan siap untuk mengusung capres tertentu," terang Eddy.

3. PAN masih punya waktu untuk tentukan sikap

Diklaim Gabung Gerindra-PKS, PAN: Kami Belum Memutuskan

Menurut Eddy, pendaftaran Pilpres sendiri masih cukup lama. Jadi, PAN masih memiliki waktu untuk mengambil keputusan.

"Kita kan masih ada di penghujung bulan Mei, nanti Juni, Juli, kan baru Agustus pendaftarannya (calon presiden dan wakil presiden). Masih ada dua bulan. Saya pikir dalam dua bulan itu banyak yang bisa terjadi," kata dia.

4. PAN masih tetapkan Zulkifli Hasan sebagai Capres

Diklaim Gabung Gerindra-PKS, PAN: Kami Belum Memutuskan

Meski belum menentukan sikap, Eddy menyebut jika PAN sudah memutuskan untuk mengusung ketua umum mereka, Zulkifli Hasan, sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Namun, pilihan tersebut juga bisa berubah saat di Rakernas nanti.

"Kalau memang ada perubahan atas sikap itu, evaluasinya akan dilaksanakan pada saat kita melakukan Rakernas. Dan mudah-mudahan di bulan Juni atau awal Juli yang akan datang," ungkapnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya