Comscore Tracker

Dipromosikan Jadi Danpaspampres, Begini Kata Brigjen Tri Budi Utomo

Siapa sosok Brigjen Tri Budi Utomo?

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mempromosikan Brigadir Jenderal (Brigjen) Tri Budi Utomo sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Atas promosi itu, perwira tinggi TNI ini akan menempati posisi jenderal bintang dua.

Saat ditanya tentang tugas barunya itu, Tri mengatakan akan siap melaksanakan tugasnya. Ia mengatakan akan memberikan yang terbaik selama diberikan tugas baru tersebut.

“Kami sudah siap melaksanakan tugas yang diamanatkan kepada kami dengan sebaik-baiknya,” kata Tri saat dihubungi IDN Times, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 104 Perwira Tinggi, TNI AD Paling Banyak

1. Tri mengaku masih bertugas di Papua sebagai bagian Satgas Nemangkawi

Dipromosikan Jadi Danpaspampres, Begini Kata Brigjen Tri Budi UtomoIlustrasi Personel Pasukan Pengamanan Presiden. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Kendati, Tri tidak memberitahukan lebih jauh kapan ia akan mulai bertugas sebagai Danpaspampres. Sebab, saat ini dia masih bertugas di Papua sebagai bagian dari Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi.

“Kami sekarang masih berada di Papua. Sedang tugas Nemangkawi,” kata dia.

2. Jejak karier Brigjen Tri Budi Utomo

Dipromosikan Jadi Danpaspampres, Begini Kata Brigjen Tri Budi UtomoANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Tri Budi Utomo merupakan perwira tinggi (pati) TNI yang banyak berkiprah di Kopasssus. Pria kelahiran 6 Februari 1971 ini memang sudah tidak asing dalam lingkar pengawalan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Pada 2018 hingga 2019, ia pernah ditugaskan menjadi Komandan Grup A Paspampres.

Tak hanya itu saja, saat masih perwira, Tri sempat menjadi Komandan Batalyon 811/Aksus sat-81 Kopassus. Lalu, ia melanjutkan jabatannya sebagai Komandan Kodim 0410/Kota Bandar Lampung pada 2012.

Tri juga pernah menjabat sebagai Komandan Satuan 81/Gultor periode 2017-2017 hingga menjadi Komandan Korem 052/Wijayakrama. Kini, Tri kembali dipercaya penjaga keselamatan Presiden Jokowi yaitu sebagai Danpaspampres.

2. Panglima TNI mutasi Mayjen Agus Subiyanto dari posisi Danpaspampres

Dipromosikan Jadi Danpaspampres, Begini Kata Brigjen Tri Budi UtomoPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ANTARA FOTO/Dokumentasi Puspen TNI)

Sekadar informasi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mutasi 60 perwira tinggi (pati) di lingkungan institusi pertahanan tersebut. Salah satu pati yang dimutasi adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Mayjen Agus Subiyanto. Ia dimutasi menjadi Pangdam III/Siliwangi.

Sementara, Hadi mempromosikan Brigjen Tri Budi Utomo menggantikan Agus sebagai Danpaspampres. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 pada 2 Agustus 2021, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

“Rinciannya ada 31 pati TNI AD, 13 pati TNI AL, dan 16 pati TNI AU yang dimutasi dan memperoleh promosi jabatan," ungkap Kepala Bidang Penerangan Umum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021). 

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi Danpaspampres Jadi Pangdam Siliwangi

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya