Comscore Tracker

Disebut Lebih Populer dari Sandiaga, Begini Respons Ma'ruf Amin

Ma'ruf ungkapkan rasa senang

Yogyakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin, menanggapi hasil survei Charta Politika yang menyatakan bahwa dirinya lebih populer dibandingkan calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno. Ma'ruf pun mengungkapkan rasa senang atas hasil survei tersebut.

Baca Juga: Kampanye di Yogyakarta, Ma'ruf Amin: Jaga Suara Biar Tak Masuk Angin

1. Ma'ruf ucapkan terima kasih

Disebut Lebih Populer dari Sandiaga, Begini Respons Ma'ruf AminDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Ma'ruf mengaku senang saat mendengar hasil sebuah survei yang menyatakan tingkat kepopulerannya lebih unggul dari pendamping Prabowo Subianto. Bahkan, Ma'ruf mengucapkan terima kasih kepada Charta Politika.

"Ya, terima kasih saja dengan hasilnya. Berarti bagus gitu loh. Saya senang kalau ada survei yang mengunggulkan saya," kata Ma'ruf di sela safari silaturahmi di Yogyakarta, Selasa (26/3).

2. Ma'ruf sebut lebih populer dari Sandiaga karena pengalaman

Disebut Lebih Populer dari Sandiaga, Begini Respons Ma'ruf AminDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Ma'ruf menyampaikan, popularitas dirinya bisa lebih unggul dibandingkan Sandiaga mungkin karena lebih senior dan pengalaman yang sudah cukup banyak.

"Ya, mungkin akumulasi saja. Kalau unggul itu kan aspeknya banyak," ujar Ma'ruf.

3. Ma'ruf lebih populer dibanding Sandiaga menurut Charta Politika

Disebut Lebih Populer dari Sandiaga, Begini Respons Ma'ruf AminANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbaru. Melalu survei yang dilakukan pada 1-9 Maret 2019, kepada 2.000 responden di 34 provinsi, Ma'ruf dinyatakan lebih dikenal masyarakat dengan perolehan sebesar 89,5 persen. Sementara, Sandiaga memperoleh 85,1 persen.

"Tingkat pengenalan masyarakat pada capres dan cawapres sudah tinggi. Masing-masing pasangan sudah memiliki tingkat pengenalan di atas 90 persen, kecuali Sandiaga Uno sedikit di bawahnya," terang Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Senin (25/3).

4. Sementara, survei Litbang Kompas sebut Sandiaga lebih dongkrak elektabilitas dibandingkan Ma'ruf

Disebut Lebih Populer dari Sandiaga, Begini Respons Ma'ruf AminIDN Times/Imron

Sementara, Survei Litbang Kompas menyatakan bahwa cawapres juga bisa berpengaruh untuk mendongkrak elektabilitas capres. Menurut Litbang Kompas, Sandiaga lebih mendongkrak elektabilitas Prabowo dibandingkan Ma'ruf.

Sebanyak 89,7 persen responden pendukung Jokowi menyatakan, memilih Jokowi karena berpasangan dengan Ma'ruf. Sementara, sebanyak 92,6 persen responden pendukung Prabowo mengaku memilih Prabowo karena berpasangan dengan Sandiaga.

Survei Litbang Kompas tersebut digelar pada 22 Februari hingga 5 Maret 2019, melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of Error survei Litbang Kompas plus-minus 2,2 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Kampanye di Lamongan, Sandiaga Janji Bolehkan Nelayan Pakai Cangkrang

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Elfida

Just For You