Ditanya Soal Izin FPI, Jubir Jokowi Malah Sanjung Menko Polhukam

Istana tak ingin ikut campur soal izin FPI

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Fadjroel Rachman, enggan mengomentari tagar #JokowiTakutFPI yang sempat menjadi trending di linimasa Twitter. Tagar itu terkait izin ormas Front Pembela Islam yang belum juga dikeluarkan pemerintah. 

Alih-alih menanggapi soal izin FPI, Fadjroel justru memberikan sanjungan atas tanggapan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang juga menanggapi soal izin FPI. Lalu, apa kata Fadjroel?

1. Fadjroel melempar isu FPI kepada Mahfud dan Tito

Ditanya Soal Izin FPI, Jubir Jokowi Malah Sanjung Menko PolhukamJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

"Bagus sekali jawaban dari Pak Menko Polhukam. Nanti diambil saja jawaban dari beliau," kata Fadjroel di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

Menurut Fadjroel, terkait perizinan FPI itu, masih akan dikaji lebih jauh oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Sedang diperiksa oleh Bapak Tito Karnavian. Jadi, ini karena mereka, Menko Polhukam, Menteri Dalam Negeri adalah pembantu presiden, semua hal bersifat teknis akan diserahkan kepada mereka," ujar Fadjroel.

Baca Juga: Penjelasan FPI soal Khilafah Islamiyah di AD/ART yang Bermasalah

2. Istana tak ingin ikut campur soal izin FPI

Ditanya Soal Izin FPI, Jubir Jokowi Malah Sanjung Menko PolhukamIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fadjroel sendiri mengatakan bahwa Istana tak ikut campur dengan proses perizinan FPI itu. Berkaitan dengan masalah teknis, biar para menteri yang mengurusnya.

"Dipisahkan, pembantu presiden adalah Pak Mahfud MD, Menko Polhukam, dan Bapak Mendagri, Pak Tito Karnavian, kepada beliau lah yang bersifat teknis untuk disampaikan," kata Fadjroel.

3. Fadjroel mengatakan Jokowi fokus terhadap penegakan hukum dan anti korupsi

Ditanya Soal Izin FPI, Jubir Jokowi Malah Sanjung Menko PolhukamPresiden Jokowi saat meninjau Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 (Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Fadjroel menyampaikan, Jokowi lebih fokus terhadap hal-hal bersifat prioritas lainnya seperti penegakan hukum dan anti korupsi.

"Tapi Pak Jokowi ke atas, yaitu tegas mengatakan tetap politik pemerintah adalah antikorupsi, politik pemerintah adalah menegakkan hukum setegak-tegaknya," ucapnya.

4. Mahfud sebut FPI jangan sampai melanggar UU Keormasan yang ada

Ditanya Soal Izin FPI, Jubir Jokowi Malah Sanjung Menko PolhukamMenko Polhukam Mohammad Mahfud MD berkomentar soal deradikalisasi di kalangan millennial (IDN Times/Prayugo Utomo)

Menanggapi polemik izin FPI tersebut, Mahfud mengatakan masih akan mengkaji lagi. Nantinya, AD/ART FPI di tahun 2013 akan dicocokkan dengan kondisi saat ini. FPI pun, kata Mahfud, harus menaati UU Keormasan yang berlaku.

"Oleh sebab itu, boleh (bikin ormas), tetapi jangan melanggar ideologi negara. Dan ideologi negara itu nanti diukur kriteria-kriteria di dalam aturan hukum. Nah apakah FPI memenuhi kriteria itu atau tidak, sekarang masih di dalam penelitian," kata Mahfud di Sleman, Jawa Tengah, Kamis (28/11).

Baca Juga: Isi Lengkap Pasal 6 AD/ART FPI yang Dipermasalahkan Mendagri

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya