Diusung PAN dan PKS, Gubernur Riau Dukung Jokowi Dua Periode

Syamsuar mendukung paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf

Jakarta, IDN Times - Gubernur Riau Syamsuar mendukung calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, di Pilpres 2019. Hal itu cukup menjadi sorotan, pasalnya di Pilkada 2018, Syamsuar-Edy diusung oleh PAN, PKS, dan NasDem.

Alih-alih mengikuti jejak PAN dan PKS yang telah memberikan dukungan kepada calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, Syamsuar memutuskan untuk mendukung Jokowi.

1. Syamsuar berharap Jokowi bisa memimpin dua periode

Diusung PAN dan PKS, Gubernur Riau Dukung Jokowi Dua PeriodeIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Syamsuar mengatakan, selama masa kepemimpinan Jokowi, banyak pembangunan-pembangunan di daerah yang sudah bergerak cepat. Sehingga, dia pun berharap Jokowi bisa memimpin Indonesia selama dua periode.

"Kepemimpinan Pak Jokowi juga banyak untuk mempercepat pembangunan di daerah, termasuk juga untuk pembangunan infrastruktur, termasuk reforma agraria, tora dan sebagainya. Dan saya berharap beliau bisa 2 periode," kata Syamsuar di Istana Negara, Rabu (20/2).

Baca Juga: Sohibul Ungkap Strategi Kunci PKS Menangkan Pilpres 2019

2. Syamsuar belum komunikasikan dukungannya dengan PKS

Diusung PAN dan PKS, Gubernur Riau Dukung Jokowi Dua PeriodeIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berkaitan dengan dukungannya di Pilpres 2019 itu, Syamsuar mengaku sudah mengomunikasikan dengan PAN. Sementara, ia belum berkomunikasi lagi dengan PKS masalah dukungannya tersebut.

"Sudah komunikasi sama PAN. (PKS) belum," ujar Syamsuar.

3. Syamsuar belum mau menjawab soal bantu kampanye

Diusung PAN dan PKS, Gubernur Riau Dukung Jokowi Dua PeriodeIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat ditanya apakah dia akan ikut berkampanye atau tidak, Syamsuar enggan menjawabnya lebih jauh. Ia hanya mengatakan bahwa itu bisa dibicarakan nanti.

"Itu nanti lah," terangnya.

4. Sohibul Iman tak hadir dalam pelantikan Syamsuar-Edy di Istana

Diusung PAN dan PKS, Gubernur Riau Dukung Jokowi Dua PeriodeIDN Times/Irfan fathurohman

Sebelumnya, dalam pelantikan Syamsuar-Edy di Istana Negara, Ketua Umum PKS Sohibul terlihat tak hadir. Meski begitu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tampak hadir dalam pelantikan.

Diketahui, Nasdem, PAN, PKS, menjadi partai pengusung Syamsuar-Edy di Pilkada 2018. Mereka berhasil memenangkan kontestasi politik setelah mengalahkan petahana Arsyadjuliandi Rahman dan Suyatno.

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Gubernur Riau, Sohibul Iman Tak Hadir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya