Comscore Tracker

Jokowi Apresiasi Kinerja TNI dan Polri Amankan Pemilu 2019

Jokowi sebut TNI dan Polri solid saat ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara buka bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (16/5).

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri yang sudah membantu mengamankan Pemilu 2019.

Baca Juga: Kabinet Zaken: Akankah Terulang Kembali di Era Jokowi?

1. Jokowi apresiasi kinerja TNI-Polri mengamankan Pemilu 2019

Jokowi Apresiasi Kinerja TNI dan Polri Amankan Pemilu 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada kesempatan ini, Jokowi mengaku sangat mengapresiasi kinerja dan dedikasi TNI dan Polri.

"Sehingga pemilu tanggal 17 April yang lalu berjalan dengan demokratis, jujur, adil, aman dan damai. Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi atas kerja keras itu," kata Jokowi .

2. Jokowi sebut TNI-Polri sangat solid saat ini

Jokowi Apresiasi Kinerja TNI dan Polri Amankan Pemilu 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi menyampaikan harapannya agar Indonesia tetap menjadi negara yang aman. Menurut dia, keamanan di Indonesia tidak akan bisa terjadi apabila TNI dan Polri tidak solid.

"Kita harapkan seterusnya negara ini akan aman, terus aman karena stabilitas politik dan keamanan adalah syarat mutlak bagi pembangunan bangsa Indonesia, dan itu tidak bisa terjadi, stabilitas keamanan dan stabilitas politik, kalau TNI dan Polri tidak solid dan bersatu," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, solidnya TNI dan Polri berdampak dalam membangun sebuah negara.

"Saat ini kita bisa bekerja membangun negara ini karena TNI dan Polri sangat solid dan sangat bersatu, itu dilihat rakyat, itu rakyat yang bicara. Saya hanya mendengar saja, seneng rakyat kalau melihat TNI dan Polri ini bersatu," tambah dia.

3. Jokowi minta TNI-Polri merangkul semua elemen masyarakat

Jokowi Apresiasi Kinerja TNI dan Polri Amankan Pemilu 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian, Jokowi mengajak TNI dan Polri untuk merangkul masyarakat dan melawan perbuatan yang tidak sesuai dengan konstitusi.

"Kita berharap bersama membangun bangsa, menghalau paham dan kekuatan yang tidak sesuai dengan konstitusi kita dan tidak sesuai dengan Pancasila, dan memangkas bibit-bibit terorisme yang dapat mengancam keutuhan negara kita, NKRI," ucap Jokowi.

4. Menteri Kabinet Kerja dan pejabat negara ikut hadir

Jokowi Apresiasi Kinerja TNI dan Polri Amankan Pemilu 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Acara buka bersama TNI-Polri kali ini juga dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pejabat negara. Antara lain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto, dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Ada juga Jaksa Agung M Prasetyo, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

Baca Juga: Buka Bersama TNI-Polri, Jokowi Janjikan 3 Hal Ini

Topic:

  • Sunariyah

Just For You