Comscore Tracker

Doni Monardo Belum Disuntik Vaksin COVID-19

Doni Monardo dijadwalkan terima vaksin pekan depan

Jakarta, IDN Times - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo, dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Staf Khusus Doni Monardo, Egy Massadiah, mengungkapkan Kepala BNPB itu belum divaksinasi COVID-19.

Egy mengatakan rencananya Doni menjalani vaksinasi pada awal pekan depan. Doni dijadwalkan menerima vaksin COVID-19 bersama anggota Satgas Penanganan COVID-19.

“Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan COVID-19 lainnya,” tutur Egy dalam keterangan tertulis Satgas COVID-19, Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga: Pulang dari Kalsel dan Sulbar, Kasatgas Doni Monardo Positif COVID-19

1. Doni mengaku selalu menaati protokol kesehatan

Doni Monardo Belum Disuntik Vaksin COVID-19Kepala BNPB, Doni Monardo (Dok. BNPB)

Sebelumnya, Doni selama seminggu berada di lokasi terdampak bencana. Ia mengunjungi lokasi terdampak gempa di Sulawesi Barat sejak Jumat (15/1/2021) sore. 

Dalam rentang waktu seminggu itu, Doni juga mengunjungi lokasi banjir di Kalimantan Selatan. Ia baru kembali ke Jakarta pada Jumat (22/1/2021) sore.

Dalam keterangan tertulis yang sama, Doni menuturkan selama 11 bulan terakhir atau sejak menangani pandemik COVID-19, dirinya selalu berusaha menghindari paparan virus corona.

Ia selalu menaati anjuran para pakar kesehatan, misalnya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Namun, dari semua upaya pencegahan yang dilakukan, ternyata tetap ada celah penularan virus corona.

"Selama ini begitu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan mencuci tangan," ujarnya.

2. Doni mengingatkan jangan melepas masker saat bersama orang lain

Doni Monardo Belum Disuntik Vaksin COVID-19Kepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Doni menduga tertular COVID-19 saat makan, sebab saat itu harus melepas masker. Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk sementara ini menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan virus corona.

“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain,” kata Doni.

Doni menjelaskan, selama seminggu belakangan, memang ada beberapa momentum harus melepas masker ketika makan bersama orang lain.

“Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," ucapnya.

3. Isolasi mandiri, Doni tetap memantau perkembangan penanganan bencana dan COVID-19

Doni Monardo Belum Disuntik Vaksin COVID-19Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Doni diketahui positif virus corona pada Sabtu (23/1/2021) pagi. Ia sebelumnya menjalani tes swab PCR pada Jumat (22/1/2021) malam, setelah pulang dari lokasi bencara di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif COVID-19 dengan CT Value 25. Saya sama sekali tidak merasakan gejala apa pun, dan pagi ini tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan berjalan kaki 8 kilometer,” tutur Doni dalam keterangannya.

Ia mengatakan akan menjalani isolasi mandiri. Meski begitu, Doni mengaku akan tetap memantau perkembangan penanganan bencana di berbagai daerah dan COVID-19 di Indonesia.

Baca Juga: Ketua Satgas Doni Monardo Positif COVID-19

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya