Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Begini Reaksi Presiden Jokowi

"Tentunya kita menghormati proses hukum."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menanggapi penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari tadi.

"Tentunya kita menghormati proses hukum yang berjalan di KPK," ujar Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (25/11/2020).

1. Jokowi mendukung pemberantasan korupsi

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Begini Reaksi Presiden JokowiPresiden Jokowi memberi sambutan di acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi meyakini KPK akan bekerja secara profesional. Ia juga menyebut, lembaga antirasuah akan melakukan tugasnya secara transparan dan terbuka. Jokowi mendukung segala upaya pemberantasan korupsi.

"Pemerintah konsisten mendukung upaya dan pemberantasan korupsi," katanya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Sudah Terima Kabar Edhy Prabowo Ditangkap KPK

2. Menteri Edhy Prabowo diduga tersangkut ekspor benih lobster

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Begini Reaksi Presiden JokowiEdhy Prabowo di tambak udang vaname Pandeglang, Banten (Instagram.com/edhy.prabowo)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan diduga terkait izin ekspor benih lobster.

“Yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin ekspor baby lobster,” kata Ketua KPK Firli Bahuri, saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Saat ini, kata Firli, Edhy sedang dimintai keterangan lebih lanjut oleh penyidik KPK. Nantinya, komisi antirasuah akan mengumumkan hasil penangkapan tersebut ke publik.

“Nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon kita beri waktu tim kedeputian penindakan bekerja dulu,” kata Firli.

3. Edhy ditangkap bersama istrinya di Bandara Soekarno Hatta

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Begini Reaksi Presiden JokowiEdhy Prabowo di tambak udang vaname wilayah selatan Jawa Barat dari Pelabuhan Ratu hingga Kabupaten Garut (Instagram.com/edhy.prabowo)

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, membenarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap oleh pihaknya. Bahkan, ada sejumlah orang yang turut ditangkap.

"Banyak (yang ditangkap), ada beberapa. Baik keluarga dan juga orang di KKP," kata Ghufron kepada IDN Times, Rabu (25/11/2020).

Tak hanya Edhy yang ditangkap, berdasarkan informasi dari internal KPK yang enggan disebutkan namanya, Istri Edhy, Iis Rosita Dewi turut ditangkap.

"Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Edhy beserta istri dan beberapa rombongan yang ikut ke Amerika langsung ditangkap KPK dan dibawa ke Gedung KPK," katanya kepada IDN Times, Rabu (25/11/2020).

Sumber IDN Times melanjutkan, saat ditangkap ada Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin di dalam pesawat yang ditumpangi Edhy.

"Ali Mochtar Ngabalin yang ada di pesawat yang sama dengan Edhy juga sempet berbicang dengan penyidik yang nangkap Edhy. Sesampai di KPK, langsung diperiksa. Di dalam gedung KPK sendiri terlihat ada Novel Baswedan, penyidik senior KPK salah satu yang memimpin kegiatan itu," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Edhy Prabowo, Tangan Kanan Prabowo Subianto yang Ditangkap KPK

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya