Elektabilitas Golkar Terus Merosot, Ini Sentilan Akbar Tanjung 

Akbar menyoroti banyaknya kader yang terjerat kasus korupsi

Surabaya, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan dirinya prihatin dengan elektabilitas Golkar yang terus menurun. Hasil survei terakhir, posisi Golkar berada pada urutan keempat.

Akbar lalu mengingatkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto untuk terus meningkatkan kembali elektabilitas partai dan juga meningkatkan kursi di parlemen.

1. Golkar harus masuk tiga besar

Elektabilitas Golkar Terus Merosot, Ini Sentilan Akbar Tanjung (Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Akbar mengatakan Golkar harus masuk dalam tiga besar partai dengan perolehan suara terbanyak pada pemilihan 2019 mendatang. "Kami tidak lagi dalam posisi nomor 3, kalau posisi nomor 4, Golkar ini tidak lagi dianggap sebagai partai atas, sudah masuk sebagai partai tengah," kata Akbar di Hotel Empire, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/10).

Oleh karena itu, lanjut Akbar, saat ia berkunjung ke Sumatera Utara, Akbar menekankan kepada partai untuk bekerja lebih keras lagi.

"Kita harus kerja keras, harus lebih intens berkomunikasi dengan rakyat, harus mencari strategi yang tepat, supaya suara partai kita trend-ya menaik," ungkap Akbar.

Baca Juga: Jokowi Sebut Politisi Sontoloyo, Golkar: Ini Maksudnya

2. Buruknya citra Golkar jadi faktor merosotnya elektabilitas

Elektabilitas Golkar Terus Merosot, Ini Sentilan Akbar Tanjung IDN Times/Indiana Malia

Akbar mengatakan merosotnya eletabilias partai antara lain karena citra Golkar yang dinilai semakin buruk akibat banyak kader terjerat kasus korupsi. Walau demikian, Akbar menyampaikan bahwa bukan hanya Golkar satu-satunya yang kadernya terjerat kasus korupsi.

"Tapi tidak hanya Partai Golkar saja yang melalui hal itu. Oleh karena itu, kami berusaha untuk membangun satu partai dengan satu moto baru, kita ingin membangun partai yang bersih, Golkar yang maju," terang dia.

3. Pesan Akbar kepada Airlangga

Elektabilitas Golkar Terus Merosot, Ini Sentilan Akbar Tanjung ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Dengan merosotnya elektabilitas partai, Akbar menyebut bahwa dirinya akan terus mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Ia pun memberikan beberapa pesan kepada Airlangga agar bisa menaikkan elektabilitas Golkar kembali.

"Saya mendampingi dia dan selalu mengatakan 'saudara Airlangga, kamu akan dianggap berhasil kalau kamu bisa menaikkan program suara Partai Golkar dan kemudian menambah kursi Partai Golkar, yang memang dalam 2 periode terakhir ini mengalami penurunan," kata Akbar berpesan kepada Airlangga.

Baca Juga: Ultah ke-54 Golkar, Airlangga: Perjalanan Partai Seperti Transformers

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya