Comscore Tracker

Facebook Terancam Diblokir Jika Tak Lakukan Perubahan

DPR meminta Facebook melakukan sejumlah langkah untuk menjamin keamanan data pengguna

Jakarta, IDN Times – Bocornya data pribadi jutaan pengguna Facebook membuat Komisi I DPR RI geram. Mereka meminta Facebook Indonesia melakukan sejumlah langkah untuk menjamin keamanan data pengguna.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari dalam pertemuan dengan Komisi I DPR yang digelar hari ini (17/4) mengatakan ada 1.096.666 pengguna Facebook di Indonesia yang terkena dampak bocornya data Facebook.  

1. DPR sarankan Facebook adakan MoU dengan pihak ketiga

Facebook Terancam Diblokir Jika Tak Lakukan PerubahanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Anggota Komisi I Evita Nursanty mengatakan DPR meminta Facebook segera membuat MOU dengan pihak ketiga. MoU untuk memastikan tidak ada lagi penyalahgunaan data pribadi pengguna Facebook. Selain itu MoU juga untuk melihat seberapa serius Facebook melindungi data pengguna mereka.

“Setelah kita menerima itu kan kita lihat, ya memang sanksi itu gak ada, cuma di situ dikatakan anda tidak boleh memindah tangan tanpa disetujui, tapi ketika anda melanggar itu tidak ada, itu yang menjadi masalah,” ucap Evi di Komisi I, Gedung DPR RI, Selasa (17/4).

Baca juga: Facebook akan Berikan Data Pihak yang Dirugikan atas Kasus Kebocoran Data

2. DPR akan kembali memanggil Facebook jika tak ada perubahan

Facebook Terancam Diblokir Jika Tak Lakukan PerubahanIDN Times/Teatrika Putri

Evi juga menegaskan apabila setelah pertemuan ini Facebook belum juga melakukan perubahan dan perbaikan, maka DPR tak akan ragu untuk kembali memanggil Facebook Indonesia.

“Ketika audit kami terima dan mereka tidak melakukan perubahan ya kami panggil lagi dong. Kami meminta pemerintah untuk melakukan tindakan tegas,” ucap Evi.

Evi pun menyampaikan, setelah RDPU bersama Facebook Indonesia hari ini, Komisi I akan melaporkan terlebih dahulu kepada Kemkominfo, sehingga pemerintah bisa tahu apa saja yang harus dilakukan.

3. Facebook terancam diblokir

Facebook Terancam Diblokir Jika Tak Lakukan PerubahanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Skenario terburuknya, apabila Facebook masih belum melakukan perubahan dan perbaikan yang diminta, terutama soal keamanan data, maka Facebook bisa terancam diblokir. Sebab Facebook tetap harus mematuhi aturan di Indonesia.

“Iya dong (diblokir). Kami dukung apabila dia tidak mematuhi aturan kita. Kita gak bisa pungkiri bahwa manfaat dari Facebook ini besar sekali, tetapi walau apapun kepentingan nasional itu yang paling kita utamakan, yaitu kepentingan dari pada pertahanan kita,” jelas Evi.

Baca juga: Data Pengguna Bocor, Facebook Indonesia Minta Maaf

 

 

Line IDN Times

Topic:

Just For You