Comscore Tracker

Fadjroel: Reshuffle Kabinet Hanya Jokowi yang Tahu

Fadjroel sebut tunggu Jokowi yang umumkan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Fadjroel Rachman, mengatakan reshuffle kabinet menjadi hak prerogatif presiden sepenuhnya. Ia pun meminta masyarakat untuk menunggu hingga Presiden Jokowi sendiri yang umumkan soal reshuffle.

"Nah sampai hari ini kalaupun banyak informasi yang beredar di luar tentang reshuffle, kita menyerahkan segalanya mengenai apakah ada reshuffle apakah tidak, kita menyerahkan pada pengumuman langsung dari Presiden Joko Widodo," kata Fadjroel di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Pengamat: Jika Reshuffle, Bukan untuk Perbaiki Kinerja Tapi Buat PAN

1. Soal reshuffle, hanya Jokowi yang tahu kapan terjadi

Fadjroel: Reshuffle Kabinet Hanya Jokowi yang TahuPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Fadjroel mengatakan pihaknya tidak mengetahui soal kapan wacana reshuffle kabinet akan direalisasikan. Dia menegaskan bahwa perombakan kabinet adalah hak prerogatif presiden.

"Kita tunggu pernyataan langsung dari presiden. Tidak ada seorangpun yang mengetahui apakah akan ada perombakan kabinet atau tidak, itu hanya berada di tangan Presiden Joko Widodo. Karena itu adalah hak prerogatif beliau," ucap dia.

Baca Juga: Bila Reshuffle Kabinet karena PAN, 3 Kursi Menteri Ini Paling Terancam

2. Menteri kabinet Jokowi tengah fokus pada penanganan pandemik COVID-19

Fadjroel: Reshuffle Kabinet Hanya Jokowi yang TahuPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Fadjroel menegaskan saat ini kabinet tengah sibuk dalam penanganan pandemik COVID-19. Sehingga, Jokowi dan semua menteri sedang fokus pada hal itu.

"Kami ingin tekankan pada hari ini adalah bahwa menteri koordinator, menteri dalam Kabinet Indonesia Maju itu semuanya fokus untuk membantu Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemik COVID-19. Khususnya di tiga bidang yaitu di bidang kesehatan, bidang perlindungan sosial maupun pemulihan ekonomi," terang Fadjroel.

3. Fadjroel sebut hanya Jokowi yang berhak sampaikan soal reshuffle

Fadjroel: Reshuffle Kabinet Hanya Jokowi yang TahuIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk saat ini, Fadjroel mengaku belum mendapatkan informasi terkait apakah reshuffle akan dilakukan dalam waktu dekat atau tidak. Dia menyebutkan hanya Jokowi yang mengetahuinya.

"Hanya beliaulah (Jokowi) yang berhak untuk menyampaikan apakah ada reshuffle atau perombakan kabinet. Apa alasannya itupun juga menjadi hak beliau," tuturnya.

Baca Juga: Kata Istana Soal Isu Reshuffle Setelah PAN Gabung Koalisi Pemerintah

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya