Fahri Hamzah: Gus Dur Jadi Presiden karena Amien Rais

"Orang tidak paham siapa Amien Rais."

Jakarta, IDN Times - Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menyatakan dirinya siap maju sebagai calon presiden menuai berbagai polemik. Tanggapan, antara lain, datang dari Wakil Kedua DPR Fahri Hamzah. Melalui akun twitternya @Fahrihamzah, Fahri mengatakan ada alasan tersendiri kenapa Amien berani maju sebagai capres.

"Orang tidak paham siapa Amien Rais. Apalagi orang-orang kemarin sore yang gak paham Indonesia dan perjuangan menjaganya dari keruntuhan. Beliau adalah legenda dalam reformasi. Terlalu mengerti tentang negeri ini. Tapi beliau guru besar bukan politisi," tulis Fahri melalui akun twitternya.

1. Amien adalah sosok melegenda bagi angkatan 98  

Fahri Hamzah: Gus Dur Jadi Presiden karena Amien RaisIDN Times/Kevin Handoko

Fahri juga mengungkit kembali tentang Reformasi 1998. Bagi para aktivis 98, jelas Fahri, Amien Rais adalah tokoh yang kuat dalam melawan otoritarianisme dan bersuara menyampaikan kebenaran. "Termasuk suara yang bersemayam di dada kami. Maka, beliau paling melegenda di antara banyak tokoh pergerakan," kata Fahri.

2. Alasan Amien Rais maju capres

Fahri Hamzah: Gus Dur Jadi Presiden karena Amien RaisFahri Hamzah

Menurut Fahri, jika mesin demokrasi di Indonesia dikendarai oleh orang yang mempunyai kapasitas, maka Indonesia sudah bisa terbang jauh. Nah, karena Indonesia belum terbang jauh, itulah yang melatarbelakangi Amien untuk maju.

"Tapi malang nasib kita, bukannya pemimpin tambah canggih eh malah tambah amatir. Inilah fakta yang membuat Amien Rais terus merasa harus bicara. Orang-orang harus dibangunkan, kebenaran harus disampaikan seperti kata Rendra," terang Fahri.

3. Amien Rais membuat para senior kembali mencalonkan diri sebagai capres

Fahri Hamzah: Gus Dur Jadi Presiden karena Amien RaisFahri Hamzah

Lebih lanjut, ketika Mahathir berhasil menjadi Perdana Menteri Malaysia di usianya yang ke-94, Fahri pun menyampaikan jika dirinya mendorong juga para senior seperti Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla, dan Habibie kembali maju.

"Terus terang, setelah Mahathir naik kembali, saya mendorong para senior untuk maju kembali," ujar Fahri.

4. Gus Dur menjadi Presiden karena Amien Rais  

Fahri Hamzah: Gus Dur Jadi Presiden karena Amien RaisFahri Hamzah

Fahri menambahkan Amien Rais sangat berpengaruh kepada Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Menurutnya, Gus Dur bisa menempati kursi Kepresidenan berkat Amien Rais. "Terungkap bahwa Gus Dur jadi presiden karena faktor AR (Amien Rais). Saya juga saksi sejarah. Cc: GusDurian Berterimakasilah ke AR (Amien Rais)," ujar Fahri.

Baca Juga: Amien Rais Siap Nyapres, PAN: Tunggu Rakernas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya