Garuda Indonesia Pastikan Pilot dan Kru Tak Jadi Mogok Kerja saat Lebaran

Para pilot dan kru telah membuat pernyataan

Jakarta, IDN Times - Maskapai Garuda Indonesia memastikan layanan operasional penerbangan jelang Lebaran tetap berjalan normal, meski sebelumnya dikabarkan pilot dan awak Garuda yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG) dan Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) berniat mogok kerja saat Lebaran.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan, APG dan Sekarga telah memberikan surat pernyataan tidak akan melakukan mogok kerja, saat puncak Lebaran 2018.

1. APG dan Sekarga buat surat pernyataan

Garuda Indonesia Pastikan Pilot dan Kru Tak Jadi Mogok Kerja saat LebaranGaruda Indonesia

Pahala mengatakan ada perkembangan positif setelah ada diskusi antara manajemen dengan APG dan Sekarga. Hal tersebut terbukti dari surat pernyataan yang dikeluarkan APG dan Sekarga kepada manajemen pada Minggu (3/6) malam.

"Tanggal 3 Juni dikeluarkan pernyataan dari serikat pekerja dan juga asosiasi pilot, yang menyatakan bahwa memang tidak ada rencana untuk melakukan mogok pada peak season Lebaran," ungkap Pahala di Gedung DPR RI, Senin (4/5).

2. Pertemuan dengan Menko Maritim menemukan titik terang

Garuda Indonesia Pastikan Pilot dan Kru Tak Jadi Mogok Kerja saat LebaranGaruda Indonesia

Namun, kata Pahala, pihak manajemen akan terus mengikuti pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan APG dan Sekarga, untuk memastikan mereka benar-benar tidak akan mogok massal.

"Tapi tentunya hal ini perlu kami lakukan follow up juga dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya, untuk memastikan bahwa rencana pemogokan tersebut tidak akan terjadi," ujar dia.

Menurut Pahala berdasarkan hasil pertemuan APG dan Sekarga bersama Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan pada 31 Mei lalu, sepertinya memang menemukan titik terang.

"Sehingga dari pertemuan tersebut, kami tetap memastikan bahwa dari pernyataan itu memang tidak akan terealisir adanya pemogokan tersebut," lanjut dia.

3. Garuda tetap miliki persiapan jika terjadi mogok kerja

Garuda Indonesia Pastikan Pilot dan Kru Tak Jadi Mogok Kerja saat LebaranGaruda Indonesia

Kendati, Pahala menyatakan, manajemen Garuda Indonesia tetap menyiapkan langkah-langkah cadangan apabila terjadi mogok kerja. Sehingga, dia bisa memastikan para pengguna jasa Garuda tak perlu mengkhawatirkan layanan operasional penerbangan.

"Tapi tentunya langkah-langkah persiapan apabila itu terjadi, tentunya tetap kami lalukan. Termasuk juga persiapan dari slot dan SDM, peralatan. Kami memastikan bahwa kelancaran operasional di peak season akan terus kami jaga," ujar dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya