Gelar Pengajian Kebangsaan di Istana, Jokowi Sampaikan Pesan Ini

4 pesan Jokowi jelang hari kemerdekaan RI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar pengajian kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (1/8). Selain Jokowi, acara pengajian bersama juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan para tokoh-tokoh agama, habib, serta ulama.

Dalam pengajian tersebut, Jokowi menyampaikan beberapa pesan yang berkaitan dengan HUT Republik Indonesia yang ke-74 yang tak lama lagi diperingati. Jokowi mengatakan Indonesia saat ini harus bisa mewujudkan cita-cita para pejuang kemerdekaan.

1. Jokowi sebut bangsa Indonesia harus bersyukur dengan kemajuan saat ini

Gelar Pengajian Kebangsaan di Istana, Jokowi Sampaikan Pesan IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menyambut Dirgahayu RI yang ke-74, Jokowi menyampaikan bahwa rakyat Indonesia harus bersyukur karena sebentar lagi memasuki hari kemerdekaan RI. Ia juga mengatakan bahwa masyarakat harus bersyukur atas kenikmatan yang diberikan selama ini.

"Kita semuanya harus bersyukur atas kenikmatan yang diberikan Allah kepada kita, baik kenikmatan persatuan, baik kenikmatan ukhuwah wathaniyah kita dan bersyukur dengan kenikmatan kemajuan-kemajuan yang diperoleh bangsa ini," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi dan Iriana Kompak Membatik Jelang HUT RI ke-74

2. Indonesia akan bisa menghadapi tantangan besar bila bersatu

Gelar Pengajian Kebangsaan di Istana, Jokowi Sampaikan Pesan IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebagai bangsa yang besar, lanjutnya, Indonesia tentu memiliki cita-cita dan mimpi-mimpi yang besar. Ia pun berharap, meski tantangan yang dihadapi ke depannya akan besar, Indonesia tetap bisa melaluinya.

"Oleh karena itu, kita harus mempererat persatuan, persaudaraan, kita karena potensi besar kita dimulai dari adanya rasa persatuan, persaudaraan di antara kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air," kata Jokowi.

3. Cita-cita 74 tahun yang lalu harus bisa terwujud secepatnya

Gelar Pengajian Kebangsaan di Istana, Jokowi Sampaikan Pesan IniIDN Times/Prayugo Utomo

Menurut Jokowi, persaudaraan dan persatuan lah yang akan bisa membawa Indonesia semakin maju. Jokowi melanjutkan, sebesar apapun tantangannya harus bisa dihadapi.

"Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama menundukkan hati dan berdoa agar seberat apapun tantangan yang kita hadapi, semuanya bisa kita hadapi, sehingga cita-cita yang dikumandangkan 74 tahun lalu bisa terwujud secepatnya," terangnya.

Baca Juga: Sah! Ibu Kota Baru Indonesia Diputuskan di Kalimantan

4. Jokowi berpesan agar Indonesia terus menjaga kearifan lokal sebagai sebuah bangsa

Gelar Pengajian Kebangsaan di Istana, Jokowi Sampaikan Pesan IniInstagram/Jokowi

Kemudian, ia menyampaikan agar Indonesia bisa terus menjaga kearifan lokal sebagai sebuah bangsa. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, kata Jokowi.

"Semoga Allah senantiasa melindungi para pimpinan para habaib, ulama, tokoh agama, dan semoga Allah senantiasa teguhkan hati kita dalam melakukan kebaikan," kata Jokowi.

"Dan semoga Allah lancarkan lisan dan langkah kita dalam sampaikan kebeneran. Semoga Allah jadikan Indonesia negeri yang sejahtera baldatun thoyibatun warobun ghafur," ujarnya lagi.

Baca Juga: Siapkah Indonesia Hadapi Ancaman Megathrust? Begini Jawaban BNPB

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya