Comscore Tracker

Genjot Transformasi Digital, Jokowi: Jangan Hanya Untungkan Pihak Luar

Tol langit bukan hanya untuk kepentingan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menginginkan konektivitas digital yang dibangun pemerintah bisa menyambungkan seluruh pelosok nusantara lewat 'tol langit'. Sebab konektivitas ditigal bukan semata untuk kepentingan ekonomi, tapi juga pentung untuk membangun sektor lainnya.

"Untuk mempercepat pelayanan pendidikan, untuk mempercepat pelayanan kesehatan, untuk mendukung sinergi budaya nusantara, dan tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/2/2021).

1. Jokowi: Transformasi digital jangan hanya menguntungkan pihak luar

Genjot Transformasi Digital, Jokowi: Jangan Hanya Untungkan Pihak LuarPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan, transformasi digital merupakan solusi tepat dan strategis untuk membawa Indonesia ke masa depan. Ia juga meminta agar transformasi digital dipastikan tidak hanya menguntungkan pihak luar saja, tetapi juga dalam negeri.

"Jangan hanya menguntungkan pihak luar, jangan hanya menambah impor, ini yang selalu saya tekankan. Kedaulatan dan kemandirian, kita harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital kita," kata Jokowi.

Jokowi juga menilai transformasi digital harus mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), pemakaian produk dalam negeri, serta mendorong penguasaan digital mutakhir oleh anak bangsa.

"Kita bukan bangsa yang menyukai proteksionisme, bukan karena sejarah membuktikan proteksionisme justru merugikan. Tetapi, kita juga tidak boleh menjadi korban unfair practice, dari raksasa digital dunia," ujar Jokowi.

Baca Juga: Ingatkan Menkominfo, Jokowi Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah 

2. Jokowi harap program konektivitas digital 2021 bisa jadi momentum penting

Genjot Transformasi Digital, Jokowi: Jangan Hanya Untungkan Pihak LuarIlustrasi ekonomi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo ini menyebut transformasi digital adalah win-win solution bagi semua pihak. Ia berharap program konektivitas digital 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi baru.

"Dengan pola pikir baru, dengan mindset baru, dengan kesempatan bisnis gobal baru, dan dengan masa depan baru menuju Indonesia maju," kata Jokowi.

3. Jokowi ingin jaringan Palapa Ring ditingkatkan

Genjot Transformasi Digital, Jokowi: Jangan Hanya Untungkan Pihak LuarPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana pada Senin (16/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meningkatkan jaringan Palapa Ring hingga ke rumah tangga. Hal itu guna meningkatkan transformasi digital.

"Saya minta pada Kemenkominfo untuk memastikan agar Palapa Ring tidak hanya berhenti sebagai backbone saja, tidak hanya berhenti di situ tetapi harus tersambung sampai ke rumah tangga," kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi mengapresiasi Kemkominfo yang telah bekerja keras untuk membangun konektivitas digital. Tetapi, tetapi minta jaringan Palapa Ring untuk digenjot lagi.

"Saya mempunyai beberapa catatan. Utilisasi Palapa Ring harus ditingkatkan, ini jangan hanya 50 persen saja, utilisasi di Indonesia tengah dan timur yang masih sekitar 20 persen ini harus digenjot terus," kata Jokowi.

Palapa Ring saat ini sangat dibutuhkan masyarakat di tengah pandemik COVID-19. Sehingga, ia meminta Kemkominfo untuk segera manfaatkan investasi Palapa Ring.

"Agar investasi besar di Palapa Ring segera bisa dimanfaatkan oleh seluruh rakyat kita dan sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti sekarang ini," ucap dia.

Baca Juga: Palapa Ring Diresmikan, Jokowi: Jangan Disalahgunakan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya