Comscore Tracker

Gerindra Incar Kursi Ketua MPR, Ketum Golkar: Lihat Jumlah Kursi Dulu

Harus ada perbincangan terlebih dahulu

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menanggapi tentang Partai Gerindra yang juga mengincar kursi Ketua MPR RI. Sebelumnya, posisi Ketua MPR RI memang menjadi incaran beberapa partai politik, seperti PKB dan Golkar.

Airlangga pun menyampaikan bahwa untuk posisi pimpinan MPR akan mengutamakan untuk partai koalisi pemerintah. Sehingga, apabila Gerindra mengincar kursi Ketua MPR juga, harus ada perbincangan terlebih dahulu.

1. Airlangga: Paket koalisi pemerintah sudah cukup mengisi pimpinan MPR

Gerindra Incar Kursi Ketua MPR, Ketum Golkar: Lihat Jumlah Kursi DuluIDN Times/Yogi Pasha

Airlangga menerangkan, masalah pimpinan MPR tentu harus sesuai paket partai pemenang Pemilu. Ia berpendapat bahwa koalisi pemerintah sudah menjadi paket yang lengkap untuk mengisi kursi pimpinan MPR.

"Ya tentu kan kita punya koalisi pendukung pemerintah. Itu jumlah kursinya cukup lah untuk paket koalisi," kata Airlangga di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (19/7).

Baca Juga: Mulai Melirik Kursi Ketua MPR, PDIP Berharap Segera Ada Lobi

2. Partai koalisi harus berbicara terkait kursi pimpinan MPR

Gerindra Incar Kursi Ketua MPR, Ketum Golkar: Lihat Jumlah Kursi DuluDok.IDN Times/Istimewa

Terkait permintaan Gerindra di posisi Ketua MPR lantaran hasil rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo beberapa hari lalu, Airlangga hanya menyebut hal itu tetap harus melalui pembicaraan dengan koalisi Jokowi.

"Nanti kita bisa bicarakan itu," ucapnya.

3. Peluang Gerindra dilihat dari jumlah kursi

Gerindra Incar Kursi Ketua MPR, Ketum Golkar: Lihat Jumlah Kursi DuluDok. IDN Times/Istimewa

Saat ditanya apakah Gerindra berpeluang untuk bisa mengisi jabatan ketua MPR, Airlangga enggan menjawab lebih jauh. Ia hanya mengatakan nanti dilihat dulu jumlah kursi yang tersedia.

"Kita lihat jumlah kursi dulu," ungkapnya.

4. Proses rekonsiliasi, Gerindra incar kursi ketua MPR RI

Gerindra Incar Kursi Ketua MPR, Ketum Golkar: Lihat Jumlah Kursi DuluANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya, Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI, Sodik Mudjahid, menyampaikan bahwa rekonsiliasi yang dibangun antara Jokowi dan Prabowo bisa menjadi hal positif ke depannya. Usai adanya rekonsiliasi tersebut, ia pun mengusulkan bahwa posisi Ketua MPR diisi oleh Partai Gerindra dan Ketua DPR diisi oleh PDIP.

"Semangat rekonsiliasi untuk kebersamaan serta kesatuan dan persatuan bangsa ini, pertama-tama harus diwujudkan oleh para wakil rakyat, anggota MPR, terutama oleh para pemimpin partai, dalam menetapkan Ketua MPR," ujar Sodik dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/7).

Baca Juga: Proses Rekonsiliasi, Gerindra Incar Kursi Ketua MPR RI

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You