Gugus Tugas: 76 Perusahaan dan Tempat Kerja Disegel Selama PSBB DKI

PSBB juga membuat kasus COVID-19 tak meningkat signifikan

Jakarta, IDN Times - Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengatakan selama DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), rupanya masih ada perusahaan-perusahaan dan tempat kerja yang melanggar aturan.

Alhasil, Gugus Tugas COVID-19 dan Pemprov DKI Jakarta terpaksa menyegel perusahaan dan tempat kerja tersebut. Hal tersebut disampaikan Doni, usai melakukan rapat kabinet mengenai evaluasi PSBB yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (27/4).

1. Sebanyak 543 perusahaan dan tempat kerja melanggar PSBB

Gugus Tugas: 76 Perusahaan dan Tempat Kerja Disegel Selama PSBB DKIKepala BNPB, Doni Monardo (Dok. BNPB)

Selama pelaksanaan PSBB, Doni menuturkan, terdapat 543 perusahaan dan tempat kerja yang melanggar. Sementara, 76 perusahaan dan tempat kerja tersebut sudah disegel Pemprov DKI Jakarta dan Gugus Tugas.

"Karena mereka bukan 11 komponen atau bidang yang dapat pengecualian. Sisanya, dalam bentuk peringatan dan teguran. Mudah-mudahan langkah tegas Gugus Tugas Provinsi DKI dapat memberikan efek yang positif, bagi semakin berkurangnya kasus positif di Jakarta," ujar dia.

Gugus Tugas: 76 Perusahaan dan Tempat Kerja Disegel Selama PSBB DKI(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Mampukah PSBB Menyelesaikan Pandemi Virus Corona di Indonesia?

2. Sejak penerapan PSBB, kasus positif virus corona di Jakarta mengalami perlambatan

Gugus Tugas: 76 Perusahaan dan Tempat Kerja Disegel Selama PSBB DKIKepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tak hanya itu, Doni juga mengklaim sejak diterapkan PSBB, jumlah kasus positif virus corona di DKI Jakarta mengalami perlambatan. Peningkatan kasus cenderung flat.

"Khusus DKI Jakarta, perkembangan terakhir kasus positif telah alami perlambatan yang pesat, dan saat ini telah mengalami flat dan kita doakan semoga tidak terlalu banyak kasus positif yang terjadi," ucap Doni.

3. PSBB di DKI Jakarta diklaim berjalan dengan baik

Gugus Tugas: 76 Perusahaan dan Tempat Kerja Disegel Selama PSBB DKI(ANTARA FOTO/Dewanto Samodro)

Menurut Doni, setelah dilakukan evaluasi, penerapan PSBB di wilayah DKI Jakarta diklaim berjalan baik. Hal itu langsung dilaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Ini diakibatkan karena PSBB yang telah berjalan dengan baik. Bapak Gubernur DKI telah laporkan ke Presiden tentang hasil yang dicapai selama pelaksanaan PSBB," tutur Doni.

Baca Juga: Bodebek Ajukan PSBB Tahap 2, Bupati Bogor Minta KRL Disetop Sementara

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya