Hadapi COVID-19, Pesan Jokowi: Sabar, Optimistis, dan Tetap di Rumah!

Jokowi minta masyarakat disiplin terapkan imbauan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta masyarakat untuk terus disiplin dan optimistis dalam menghadapi pandemik virus corona atau COVID-19. Dia pun mengatakan bahwa bukan hanya Indonesia yang terkena pandemik virus corona, tetapi negara-negara lain juga tengah berperang melawan COVID-19.

Hal itu dikatakan Jokowi dalam video berdurasi tiga menit yang diunggah oleh channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (10/4).

1. Jokowi minta masyarakat bersama-sama hadapi COVID-19

Hadapi COVID-19, Pesan Jokowi: Sabar, Optimistis, dan Tetap di Rumah!(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengajak masyarakat untuk terus bersama-sama menghadapi virus corona yang tengah melanda Tanah Air. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, itu juga menyebut bahwa Indonesia tak sendirian menghadapi COVID-19.

"Bergotong-royong, bersatu padu karena hanya dengan cara kebersamaan ini kita akan dapat mengatasinya. Kita tidak sendiri, kita bersama dengan negara-negara lain yang juga mengalami hal yang sama untuk bersama mengatasi pandemik ini," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Siap Evaluasi soal Mudik, Bisa Ada Keputusan Baru

2. Jokowi minta rakyat sabar dan tetap di rumah

Hadapi COVID-19, Pesan Jokowi: Sabar, Optimistis, dan Tetap di Rumah!(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi juga meminta rakyatnya untuk sabar dan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh World Health Organisation (WHO). Itu adalah salah satu cara guna memutus rantai penyebaran virus corona.

"Tetaplah bersabar, optimistis, tetap displin berada di rumah, jaga jarak dalam berinteraksi dengan orang lain, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, pakailah masker saat keluar rumah," ucap dia.

3. Jika rakyat disiplin, situasi bisa cepat normal

Hadapi COVID-19, Pesan Jokowi: Sabar, Optimistis, dan Tetap di Rumah!(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan kembali apabila masyarakat disiplin, maka pandemik virus corona bisa berkurang dan kondisi bisa kembali normal.

"Dapat bertemu dengan saudara, teman, tetangga dalam situasi yang normal. Tapi untuk saat ini marilah kita tetap berada di rumah saja," pesannya.

Baca Juga: Instruksi Lengkap Jokowi: Imbau Masyarakat Tidak Mudik Cegah COVID-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya