Haji Dibatalkan, Moeldoko: Pemerintah Tidak Halangi Jemaah ke Makkah

Moeldoko bantah dana haji untuk infrastruktur

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah isu dana calon jemaah haji dipakai pemerintah untuk membiayai pembangunan infrastruktur. Menurutnya, informasi tersebut menyesatkan.

"Tidak ada seperti itu. Isu itu menyesatkan," kata Moeldoko di Mataram, seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (8/6/2021).

1. Moeldoko tegaskan setoran dana haji yang dikelola pemerintah masih tersimpan

Haji Dibatalkan, Moeldoko: Pemerintah Tidak Halangi Jemaah ke MakkahMoledoko bertemu dengan Sri Sultan HB X di Kraton Jogjakarta, Jumat (2/10/2020) (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Moeldoko menegaskan setoran dana haji yang dikelola pemerintah masih tersimpan. Namun, pemberangkatan belum bisa dilakukan karena secara global masih dalam situasi pandemik COVID-19.

"Saya sudah berbicara dengan Pak Anggito (Kepala Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji) bahwa uangnya aman," ujar dia.

2. Keputusan pembatalan keberangkatan calon jemaah haji karena pandemik COVID-19

Haji Dibatalkan, Moeldoko: Pemerintah Tidak Halangi Jemaah ke MakkahIlustrasi Suasana Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Moeldoko menjelaskan keputusan pembatalan keberangkatan calon jemaah haji itu karena masih dalam suasana pandemik COVID-19. Ia menilai itu adalah keputusan yang tepat.

"Tidak bisa dipaksakan untuk berangkatkan calon haji ke Tanah Suci karena faktor keselamatan jemaah yang menjadi pertimbangan utama. Semua negara juga menghadapi persoalan yang sama, atau bukan hanya Indonesia," ucap mantan Panglima TNI itu.

3. Moeldoko sebut pemerintah tidak ada niatan menghalang-halangi rakyat menunaikan ibadah haji

Haji Dibatalkan, Moeldoko: Pemerintah Tidak Halangi Jemaah ke MakkahKepala Kantor Staf Presiden Moeldoko (IDN Times/Aryodamar)

Moeldoko menyampaikan, kebijakan pemberangkatan jemaah calon haji  berkaitan dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi. Karena itu, kata dia, pemerintah Indonesia tidak mungkin menerbitkan kebijakan yang akan merugikan kepentingan bangsa dan negara.

Apalagi, menurut Moeldoko, menghalang-halangi rakyatnya menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

"Jadi, tidak benar ada dana calon haji yang dipakai untuk ini itu. Kalau ada isu macam-macam, itu sudah menyesatkan," ujar Moeldoko.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya