Comscore Tracker

Hanya 8 Orang, Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka Nasional di Istana

Tahun-tahun sebelumnya berjumlah 68

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengukuhkan delapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Kamis (13/8/2020). Kedelapan Paskibraka tersebut akan bertugas pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI.

Karena adanya pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia, upacara pengukuhan harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Para Paskibraka wajib mengenakan masker dan juga faceshield.

1. Kedelapan anggota Paskibraka mengucapkan ikrar di hadapan Jokowi

Hanya 8 Orang, Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka Nasional di IstanaUpacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara pada Kamis (13/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Begini Penampakan Latihan Paskibraka 2020, Protokol Kesehatan Ketat!

Disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, acara pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengucapan ikrar Pemuda Indonesia.

Untuk pengucapan ikrar, salah satu anggota Paskibraka yang bernama Dhea Lukita Andriana mewakili anggota lain mengucapkan ikrar. Wanita asal Jawa Timur itu lalu mengangkat sang Merah Putih dan meletakkan di dada kirinya sambil berucap ikrar.

"Ikrar Pemuda Indonesia. Kami Pemuda Indonesia berikrar. Satu, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dua, bertanah air satu, Tanah Air Indonesia. Tiga, berbangsa satu, bangsa Indonesia. Empat, bernegara satu, Negara Kesatuan RI. Lima, menjaga ideologi negara, ideologi Pancasila," ucap para anggota Paskibraka bersamaan.

"Enam, taat kepada konstitusi UUD 1945. Tujuh, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Delapan, bersatu dalam perbedaan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Sembilan, berkomitmen mewujudkan masyarakat adil makmur di bawah ridho dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi ikrar kami," kata mereka.

2. Jokowi mempersilakan gubernur mengukuhkan anggota Paskibraka di daerah

Hanya 8 Orang, Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka Nasional di IstanaPresiden Jokowi dalam Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara pada Kamis (13/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Setelah pengucapan ikrar, Jokowi yang berlaku sebagai pembina upacara pun memberikan pernyataan pengukuhan Paskibraka. Perlahan Jokowi mulai membuka maskernya dan maju mendekati mic yang ada di hadapannya.

"Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa. Pada hari ini, saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pengibar bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2020," kata Jokowi.

"Selanjutnya, kepada para gubernur di 34 provinsi saya persilakan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas di provinsi masing-masing. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara," lanjut Jokowi memberikan izin.

3. Nama kedelapan anggota Paskibraka yang bertugas di Istana Kepresidenan tahun 2020

Hanya 8 Orang, Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka Nasional di IstanaUpacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara pada Kamis (13/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelum adanya wabah virus corona, jumlah anggota Paskibraka yang bertugas di Istana Kepresidenan mencapai 68. Namun, di tahun ini lantaran adanya pandemik, anggota Paskibraka yang bertugas pun hanya berjumlah 8 orang.

Adapun ke-8 anggota Paskibraka yang bertugas di Istana Kepresidenan pada HUT ke-75 RI, Senin, 17 Agustus 2020 mendatang, antar lain:

1. Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen, Aceh)

2. I Gusti Agung Bagus Kade Sangga EiravAdhita (SMAN 1 Mendoyo, Bali)

3. Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong, Bengkulu)

4. Muhammad Arief Wijaya (SMAN 2 Kendari, Sulawesi Tenggara)

5. Muhammad Asri Maulana (SMAN 1 Kandangan, Kabupaten HSS, Kalsel)

6. Sylvia Kartika Putri (SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumut)

7. Dhea Lukita Andriana (SMAN 1 Ngunut Tulungagung, Jatim)

8. Muhammad Adzan (MAN 2 Kota Bima, NTB)

Baca Juga: Gadis Asal Tulungagung Terpilih Anggota Paskibraka di Istana Negara

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya