Comscore Tracker

Harga Tiket Pesawat Akan Turun 15 Persen, Ini Kata Menteri Perhubungan

Menhub sedang komunikasi dengan maskapai pesawat

Jakarta, IDN Times - Menjelang mudik Lebaran, harga tiket pesawat justru semakin mahal. Warganet pun membuat petisi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mundur karena dianggap tak mampu mengontrol harga tiket.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan akhirnya memberikan bocoran bahwa tarif batas atas (TBA) tiket pesawat akan turun sebesar 15 persen. 

1. Hari senin penurunan harga tiket pesawat akan difinalkan

Harga Tiket Pesawat Akan Turun 15 Persen, Ini Kata Menteri PerhubunganANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan membahas penurunan harga tiket pesawat dengan Menko Perekonomian Darmin Nasution pada Senin pekan depan.

"Tiket disuruh bahas bersama Pak Menko hari Senin. Itu range di situ (15 persen), kita finalkan hari Senin," ujar Budi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (9/5).

Baca Juga: Bocoran dari Luhut: Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun 15 Persen

2. Dasar penurunan TBA menurut Budi

Harga Tiket Pesawat Akan Turun 15 Persen, Ini Kata Menteri PerhubunganIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Menteri Budi dasar penurunan TBA adalah dicari terlebih dahulu Harga Pokok Penjualan (HPP). Dan harga pokok tersebut didasarkan dengan on time performance atau waktu kedatangan dan keberangkatan pesawat udara yang telah ditetapkan.

"Yang kedua dari avtur, dolar, terus didasarkan dengan load factor. Didasarkan itu ditemukan setelah satu angka harga pokok rata-rata. Dengan dasar itu berarti kita masih ada ruang untuk bisa menurunkan batas atas," jelas Budi.

3. Kemenhub sedang berkomunikasi dengan pihak maskapai

Harga Tiket Pesawat Akan Turun 15 Persen, Ini Kata Menteri PerhubunganIDN Times/Debbie Sutrisno

Menteri Budi mengungkapkan saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi dengan pihak maskapai terkait harga tiket pesawat. "Dibicarakan (dengan maskapai). Bukan minta persetujuan, tapi dikomunikasikan," ucap dia.

4. Tarif batas atas pesawat turun 15 persen

Harga Tiket Pesawat Akan Turun 15 Persen, Ini Kata Menteri PerhubunganIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat akan turun sebesar 15 persen.  

"Pak Budi karya itu paten bagus kok. Kan sudah turun juga 15 persen. Ya tadi dibilang turun. Garuda sudah bilang yes, dan Si Rini (Menteri BUMN) juga sudah bilang kan," ujarnya saat buka puasa bersama wartawan di Gedung Kemenko Maritim.

Meski belum resmi diputuskan, namun menurut Luhut kebijakan itu telah masuk tahap finalisasi. Ia juga mengatakan bahwa akan meninjau kembali efek dari kebijakan tersebut nantinya.

"Ya nanti kita pelajari lagi gimana demand dan marketnya setelah tarif turun," ujar Luhut.

Baca Juga: Bocoran dari Luhut: Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun 15 Persen

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya