Hari HAM, Jokowi: Kami Tak Henti Tuntaskan Kasus Masa Lalu

Jokowi sebut sudah tugaskan Menko Polhukam tuntaskan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan sambutan pada peringatan Hari HAM Internasional. Dalam pidatonya itu, dia mengatakan bahwa dirinya serius dalam menuntaskan kasus pelanggaran HAM, dengan memerintahkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Melalui Menko Polhukam, saya telah menugaskan agar penyelesaian masalah HAM masa lalu terus dilanjutkan, yang hasilnya bisa diterima semua pihak serta diterima di dunia internasional," kata Jokowi seperti disiarkan di channel YouTube Kemitraan Indonesia, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga: Terima 2.000 Lebih Aduan, Komnas HAM Pede Indonesia Bisa Tegakkan HAM

1. Jokowi klaim pemerintah tidak pernah berhenti menuntaskan masalah HAM masa lalu

Hari HAM, Jokowi: Kami Tak Henti Tuntaskan Kasus Masa LaluPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Sumatra Utara pada Selasa (27/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengklaim pemerintah memiliki komitmen bahwa penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM menjadi pilar penting bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang beradab, lebih tangguh dan lebih maju.

"Pemerintah tidak pernah berhenti untuk menuntaskan masalah HAM masa lalu secara bijak dan bermartabat. Kita harus bekerja sama menyelesaikannya dan mencurahkan energi kita untuk kemajuan bangsa," tutur dia.

2. Jokowi ingin hak sipil, hak politik, hingga hak ekonomi dilindungi berimbang dan tidak ada yang terabaikan

Hari HAM, Jokowi: Kami Tak Henti Tuntaskan Kasus Masa LaluPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menjelaskan komitmen pemerintah dalam penegakan HAM. Salah satunya yang dituangkan dalam Rencana Aksi Nasional HAM 2020-2025.

"Hak sipil, hak politik serta hak ekonomi dan sosial serta budaya harus dilindungi secara berimbang dan tidak ada satu pun yang terabaikan," ujar Jokowi.

3. Jokowi minta masyarakat saling menghormati hak satu sama lain

Hari HAM, Jokowi: Kami Tak Henti Tuntaskan Kasus Masa LaluPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana pada Senin (16/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Di ujung pidatonya, Jokowi kemudian mengucapkan terima kasih kepada Komnas HAM dan para pegiat HAM yang terus aktif meningkatkan kesadaran tentang HAM. Ia pun meminta masyarakat untuk saling menghormati hak satu sama lain.

"Mari kita semuanya berperan aktif untuk menghormati hak pihak lain dan menjadi penanggung jawab atas terpenuhinya hak pihak lain. Dengan meningkatkan penghormatan perlindungan dan pemenuhan HAM, maka kita menjadi bangsa yang lebih beradab tangguh dan maju," kata pria kelahiran Solo ini.

Baca Juga: Peringati Hari HAM, Ini Fakta-fakta Tragedi Berdarah Paniai

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya