Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie Hingga Ibu Ani

Jokowi juga tabur bunga ke makam Taufiq Kiemas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo tabur bunga di makam sejumlah pahlawan, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Tabur bunga ini dilakukan Jokowi usai memimpi Upacara Peringatan Hari Pahlawan.

Jokowi menabur bunga dengan ditemani oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Usai menabur bunga, tak lupa Jokowi memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan.

Lalu, makam siapa saja yang ditaburi bunga oleh Jokowi?

Baca Juga: Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Begini Suasananya

1. Jokowi tabur bunga di 9 makam, di antaranya makam Taufiq Kiemas dan Ani Yudhoyono

Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie Hingga Ibu AniPresiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata pada Rabu (10/11/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi dan Ma’ruf tabur bunga di sembilan makam. Makam yang dikunjungi Jokowi itu di antaranya makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Selain Habibie dan Ani Yudhoyono, Jokowi juga tabur bunga di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014 Taufiq Kiemas, makam istri BJ Habibie, Ainun Habibie, lalu makam mantan Wakil Presiden RI Umar Wirahadikusuma, makam Wakil Presiden ke-5 RI Soedarmono, hingga makam Wakil Presiden ke-3 RI Adam Malik.

“Satu makam pahlawan revolusi dan satu lagi makam pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tidak dikenal,” ujar Heru dalam keterangannya, Rabu.

2. Jokowi pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie Hingga Ibu AniPresiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata pada Rabu (10/11/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pada hari ini, Jokowi memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Dalam rangkaian upacara, ada momen memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Pasukan upacara yang terbatas jumlahnya mulai mengangkat senjata sebagai tanda penghormatan.

Usai memberi penghormatan, rentetan acara berikutnya adalah mengenang peristiwa 10 November beberapa puluh tahun lalu. Bunyi sirine yang cukup lama terdengar dan suasana terlihat hikmat. Setelah itu, mengheningkan cipta yang dipimpin Jokowi.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ujar Jokowi dan langsung menundukkan kepala, diikuti peserta upacara lainnya.

Acara berikutnya yaitu peletakan karangan bunga yang dilakukan oleh Jokowi. Setelah meletakkan karangan bunga, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas.

"Wahai Tuhan yang menggaristakdirkan kepahlawanan, wahai Tuhan yang menganugerahkan kemenangan melalui perjuangan, wahai Tuhan yang merajut Nusantara dalam bingkai kebangsaan, rahmati para pendahulu kami dengan ridho dan ampunan," ucap Yaqut.

"Wahai Tuhan yang mengajarkan kesetiaan. Wahai Tuhan yang menghias pribadi-pribadi mulia dengan kesabaran. Wahai Tuhan yang memerintahkan manusia untuk bersyukur sesama manusia, sebagaimana Engkau memerintahkan kami untuk memuja-Mu dan mencipta alam raya. Tegur kami dengan kelembutan rahmat-Mu jika kami tak pandai bersyukur atas anugerah bernama Indonesia Merdeka," tambahnya.

3. Deretan pejabat negara yang hadir

Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam Habibie Hingga Ibu AniPresiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata pada Rabu (10/11/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam upacara hari ini, sejumlah pejabat negara hadir seperti Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Coumas, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Ada juga Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti, higga Jaksa Agung ST Baharuddin ikut hadir.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya