HUT ke-108 Muhammadiyah, Jokowi Ajak Sosialisasikan Vaksin COVID-19

Jokowi apresiasi kerja Muhammadiyah atasi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan ucapan selamat hari jadi ke-108 untuk salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Dalam pidatonya di perayaan milad ke-108 Muhammadiyah, Jokowi berharap agar organisasi Islam yang dirintis oleh KH Ahmad Dahlan itu bisa terus kokoh.

"Untuk itu, atas nama masyarakat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga perjalanan Muhammadiyah semakin jaya dan berjasa dalam perjalanan bangsa," ucap Jokowi seperti  disiarkan di channel YouTube tvMu Channel, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Sejarah Panjang Muhammadiyah di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

1. Jokowi sebut pemerintah sedang menyiapkan vaksin untuk pemulihan kesehatan

HUT ke-108 Muhammadiyah, Jokowi Ajak Sosialisasikan Vaksin COVID-19Presiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Pada kesempatan ini, Jokowi menyampaikan, pemerintah tengah mempersiapkan pemulihan kesehatan melalui vaksinasi. Ia pun berharap agar Muhammadiyah bisa membantu sosialisasi soal vaksin kepada masyarakat. Hal itu diminta Jokowi agar tidak ada disinformasi soal vaksin.

"Pemerintah tengah menyiapkan program ini dengan sebaik-baiknya, memastikan keamanan, efektivitas, kehalalan, dan akses masyarakat pada vaksin. Semua kita persiapkan dengan cermat, hati-hati, dan matang, agar masyarakat benar-benar aman dan bangsa kita bisa segera pulih dan bangkit," ujar Jokowi.

2. Jokowi apresiasi kerja Muhammadiyah dalam mengatasi pandemik COVID-19

HUT ke-108 Muhammadiyah, Jokowi Ajak Sosialisasikan Vaksin COVID-19Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana pada Senin (16/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi kerja Muhammadiyah dalam mengatasi masalah kesehatan dan ekonomi di tengah pandemik COVID-19. Jokowi menyebutkan bahwa Muhammadiyah telah membangun Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC), layanan yang berada di 82 rumah sakit di berbagai provinsi dan di 40 perguruan tinggi.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para dokter, tenaga medis, tenaga kesehatan, RS Muhammadiyah dan Aisyiyah yang bekerja tanpa kenal lelah, siang dan malam, semoga Allah SWT senantiasa merahmati bapak/ibu dalam menjalankan tugas yang sangat mulia ini," tuturnya.

3. Jokowi cerita tentang keluarganya yang tidak asing dengan Muhammadiyah

HUT ke-108 Muhammadiyah, Jokowi Ajak Sosialisasikan Vaksin COVID-19Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana pada Senin (16/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian bercerita tentang keluarganya yang sudah tidak asing dengan Muhammadiyah. Bahkan, cucu pertama Jokowi, Jan Ethes, dilahirkan di RSU PKU Muhammadiyah Solo.

"Cucu saya yang pertama, dilahirkan di RSU PKU Muhammadiyah Solo mengikuti jejak neneknya menjadi bagian dari Muhammadiyah. Ibu Iriana juga pernah kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan jutaan penduduk Indonesia telah merasakan dari kemajuan dan inovasi yang dilakukan Muhammadiyah," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Libatkan NU, Muhammadiyah dan Ormas Yakinkan Umat soal Vaksin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya