HUT TNI, Jokowi Minta Belanja Diganti Jadi Investasi Pertahanan

Jokowi ingin RI aktif dalam industri pertahanan global

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kebijakan belanja pertahanan saat ini diganti dengan kebijakan investasi pertahanan jangka panjang. Instruksi itu diberikan Jokowi saat memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (5/10/2021).

"Saya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsiten dan berkelanjutan," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: HUT ke-76 TNI, 18 Rudal dan Kendaraan Taktis Dipamerkan Depan Istana

1. Jokowi ingin RI bergerak aktif dalam industri pertahanan global

HUT TNI, Jokowi Minta Belanja Diganti Jadi Investasi PertahananPresiden Jokowi pimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI (YouTube/Sekretariat Presiden)

Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan TNI untuk terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di Indonesia. Dia juga ingin Indonesia bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global.

"Memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni," ucapnya.

Baca Juga: Lawan China, Taiwan Naikkan Anggaran Pertahanan hingga Rp124 Triliun

2. Jokowi minta lompatan teknologi militer dimanfaatkan jadi investasi

HUT TNI, Jokowi Minta Belanja Diganti Jadi Investasi PertahananPresiden Jokowi pimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI (YouTube/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan bahwa penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan. Menurutnya, TNI harus bisa memanfaatkan lompatan teknologi militer untuk menjadi investasi ke depannya.

"Modernisasi pertahanan keamanan ini ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertanahan," ucapnya.

3. Jokowi beri apresiasi tinggi pada TNI

HUT TNI, Jokowi Minta Belanja Diganti Jadi Investasi PertahananPresiden Jokowi pimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI (YouTube/Sekretariat Presiden)

Tak lupa, di HUT ke-76 TNI ini, Jokowi mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya pada kerja keras prajurit. Dia mengapresiasi karena TNI yang selalu menjaga kedaulatan negara.

"Selamat ulang tahun Tentara Nasional Republik Indonesia, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TNI bersatu, berjuang kita pasti menang," ujar Jokowi.

Dalam acara peringatan HUT TNI ke-76 hari ini dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit.

Ada juga pemimpin tiga matra TNI yakni KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Jelang HUT TNI, Panglima Hadi Tjahjanto Tabur Bunga Meski Hujan Deras 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya