Ikut Jokowi ke Jawa Timur, Rombongan Harus Rapid Test Dulu

Kapasitas penumpang pesawat juga dikurangi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Surabaya dan Banyuwangi, Jawa Timur hari ini, Kamis (25/6). Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi membawa rombongan seperti menteri dan pejabat tinggi lainnya. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan, pihaknya telah melakukan persiapan khusus dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya yakni mewajibkan rombongan Presiden untuk rapid test atau tes cepat terlebih dahulu.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke Jatim, Cek Posko COVID-19 Surabaya dan Banyuwangi

1. Anggota rombongan cek kesehatan dan rapid test terlebih dahulu sebelum ikut kunjungan kerja

Ikut Jokowi ke Jawa Timur, Rombongan Harus Rapid Test DuluDok. Biro Pers Kepresidenan

Heru mengatakan, rombongan yang ikut Jokowi hari ini terbatas. Anggota rombongan sudah dicek kesehatannya dan melakukan rapid test terlebih dahulu sesuai protokol kesehatan COVID-19.

"Sekretariat Presiden tentunya dengan jajarannya menerapkan secara disiplin hal ini (protokol kesehatan). Pertama, sebelum berangkat para pendamping Bapak Presiden baik itu menteri, Paspampres, dan perangkat lainnya akan dilakukan rapid test," ujar Heru di Bandara Halim Perdanakusuma.

2. Kapasitas penumpang di pesawat kepresidenan dikurangi 50 persen

Ikut Jokowi ke Jawa Timur, Rombongan Harus Rapid Test DuluDok. Biro Pers Kepresidenan

Heru menjelaskan, kapasitas pesawat kepresidenan yang digunakan selama kunjungan kerja juga dibatasi hingga separuhnya, mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Semula, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 biasanya menampung hingga 55 penumpang dalam tiap kali perjalanan, namun saat ini kapasitasnya dikurangi hingga menjadi 25 penumpang saja.

"Protokol keamanan tetap kami terapkan, yaitu mereka (rombongan lain) akan berangkat lebih dulu sehingga isi dari pesawat hanya 50 persen," tutur Heru.

Heru berharap agar kunjungan kerja pertama Presiden Jokowi di masa adaptasi kebiasaan baru ini dapat terlaksana dengan baik, dengan mengacu pada penerapan protokol kesehatan yang ada.

"Mudah-mudahan kunjungan Bapak Presiden pertama kali dalam kondisi new normal ini, bisa diikuti dengan kegiatan ekonomi lainnya yang tidak lepas dari pengetatan protokol kesehatan. Kami tentunya sangat berharap ini bisa berjalan dengan baik," ucapnya.

3. Jokowi akan meninjau posko penanganan COVID-19 di Surabaya dan tempat wisata di Banyuwangi

Ikut Jokowi ke Jawa Timur, Rombongan Harus Rapid Test DuluDok. Biro Pers Kepresidenan

Dalam kunjungan kerjanya hari ini, Jokowi diagendakan akan menuju Surabaya dan Banyuwangi. Di Surabaya, Jokowi akan meninjau posko penanganan dan penanggulangan COVID-19. Di sana, ia juga akan memberikan arahan tentang penanganan wabah virus corona.

Nantinya, setelah meninjau posko penanganan COVID-19 di Surabaya, Jokowi dijadwalkan akan langsung menuju Banyuwangi. Setibanya di Banyuwangi, orang nomor satu di Indonesia itu akan langsung meninjau pasar tradisional dan Pasar Pelayanan Publik Rogojampi. Lalu, Jokowi dijadwalkan menuju Pantai So Long untuk meninjau kesiapan adaptasi kebiasaan baru di destinasi wisata tersebut.

Baca Juga: Jokowi: Ancaman COVID-19 Belum Berakhir 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya