Imbas Virus Corona, Indonesia akan Melarang Hewan Impor dari Tiongkok!

Mendag akan segera keluarkan aturan dalam waktu dekat

Bogor, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah akan melarang impor hewan hidup dari Tiongkok. Larangan itu dikeluarkan pemerintah sebagai salah satu langkah untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

"Terkait Kementerian Perdagangan, karena disampaikan metode transmisi penyakit melalui human to human dan wild animal, kebijakan pemerintah melarang impor live animal dari Tiongkok," kata Airlangga di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (4/2).

1. Hewan yang sudah dikirim ke Indonesia akan dikembalikan ke Tiongkok

Imbas Virus Corona, Indonesia akan Melarang Hewan Impor dari Tiongkok!Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 4 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Airlangga menuturkan, sejak penerapan larangan itu maka berbagai pengiriman hewan dari Tiongkok ke Indonesia akan dikembalikan. Sementara terkait impor barang, lanjutnya, akan tetap dilanjutkan karena tak menular.

"Termasuk holtikultura seperti bawang putih dan buah-buahan, pemerintah akan siapkan skenario berikutnya, akan ada dampak ke perekonomian nasional, kami akan monitor terus," jelas Airlangga.

Baca Juga: Tiongkok Akui "Kelemahan dan Kekurangan" dalam Merespon Virus Corona

2. Pemerintah masih buat skenario untuk melihat dampak larangan impor

Imbas Virus Corona, Indonesia akan Melarang Hewan Impor dari Tiongkok!Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 4 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan bahwa pemerintah saat ini tengah menyiapkan skenario untuk menindaklanjuti dampak berbagai larangan itu terhadap perekonomian nasional. Ia memastikan pemerintah akan terus mengawasi hingga Februari ini. 

"Di Tiongkok akan dimonitor terus sampai pertengahan Februari, outbreak sampai pertengahan Februari, dan karantina mereka akan dievaluasi akhir Februari, pemerintah akan melakukan hal yang sama," ucapnya.

3. Mendag akan segera keluarkan aturan larangan impor

Imbas Virus Corona, Indonesia akan Melarang Hewan Impor dari Tiongkok!Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 4 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan bahwa hewan yang dimaksud adalah reptil seperti kura-kura atau ular. Alasannya, reptil masih berkaitan dengan virus corona.

Agus mengatakan keputusan tersebut akan segera ia keluarkan, mengingat virus corona semakin meluas di beberapa negara saat ini.

"Segera. Mungkin setelah putusan ini nanti Februari ini saya keluarin peraturannya," ucap Agus di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (4/2).

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Seorang WNI di Singapura Positif Virus Corona

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya