Indonesia Harap ASEAN dan AS Perkuat 3 Kerja Sama Ini

Salah satunya di sektor ekonomi digital

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Amerika Serikat merupakan salah satu mitra strategis ASEAN. Hal itu membuat Indonesia menginginkan keduanya bisa memperkuat tiga kerja sama di beberapa bidang.

Hal itu diungkapkan dalam KTT ke-8 ASEAN-AS secara virtual, Sabtu (14/11).

Dia pun berharap persahabatan antara ASEAN dan Amerika Serikat tetap terjalin kuat di waktu-waktu mendatang. Maklum, kemitraan ASEAN dan Amerika Serikat sendiri telah terjalin selama lebih dari empat dekade yang berkembang ke dalam kerja sama di berbagai bidang strategis.

"Ke depan Indonesia tetap berharap agar Amerika Serikat menjadi mitra penting dan strategis di kawasan Indo-Pasific, termasuk di antaranya dalam penerapan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi positive force untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan," kata Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11/2020).

1. AS terus menjadi mitra perdagangan dan investasi terbesar kedua di ASEAN

Indonesia Harap ASEAN dan AS Perkuat 3 Kerja Sama IniMenlu Retno Marsudi hadiri KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Retno menerangkan, dalam empat tahun terakhir, khususnya di bidang ekonomi dan pembangunan, Amerika Serikat terus menjadi mitra perdagangan dan investasi terbesar kedua di ASEAN. Volume perdagangan kedua pihak meningkat sebesar 39 persen dari US$211,8 miliar menjadi US$294,6 miliar.

"Investasi Amerika Serikat juga meningkat 110 persen di kawasan, dari US$11,65 miliar menjadi US$24,5 miliar," ujar Retno.

Baca Juga: Pidato di KTT ASEAN ke-37, Jokowi Minta Jaga Keseimbangan antar Negara

2. ASEAN dan AS perkuat kerja sama di sektor ekonomi digital

Indonesia Harap ASEAN dan AS Perkuat 3 Kerja Sama IniMenlu Retno Marsudi hadiri KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Retno juga menyampaikan, ASEAN bersama Amerika Serikat telah menyusun rencana kerja sama jangka panjang 2021-2025 di sektor energi. Selain itu, Retno juga mengatakan ASEAN dan Amerika Serikat juga melakukan penguatan kerja sama di sektor ekonomi digital, melalui program peningkatan kapasitas sebanyak empat ribu UMKM yang telah dilakukan di kawasan ini.

"Di bidang digital ekonomi, program capacity building telah dilakukan untuk empat ribu UMKM," ujar perempuan berusia 57 tahun tersebut.

3. Kerja sama ASEAN dan AS di bidang kesehatan semakin menguat

Indonesia Harap ASEAN dan AS Perkuat 3 Kerja Sama IniMenlu Retno Marsudi hadiri KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Retno juga mengakui, sepanjang pandemik COVID-19, kemitraan antara ASEAN dan Amerika Serikat di bidang kesehatan juga menguat dalam 10 bulan terakhir.

"Penguatan kerja sama juga dilakukan di bidang kesehatan. Ke depan Indonesia tetap berharap Amerika Serikat menjadi tetap menjadi mitra penting dan strategis di kawasan Indo-Pacific termasuk di antaranya dalam penerapan Asian Out Look on Indo-Pacific," jelas Retno.

Pada KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat tersebut, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Robert C. O'Brien, mewakili Presiden Donald Trump untuk negaranya.

Baca Juga: Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini 5 Kesepakatan yang Akan Dihasilkan 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya