Comscore Tracker

Indonesia Harus Mandiri, Vaksin COVID-19 Targetnya Dibuat Akhir Tahun 

Jokowi minta para peneliti segera temukan vaksin COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, vaksin virus corona yang dibuat oleh para ahli di Indonesia bisa diproduksi pada akhir tahun.

Pembuatan vaksin ini, lanjut Muhadjir, karena Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan agar Indonesia bisa mandiri untuk memproduksi vaksin sendiri.

"Indonesia harus mandiri. Target Indonesia bisa memproduksi akhir tahun ini," kata Muhadjir dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/6).

Baca Juga: [WANSUS] Pakar Epidemiologi: Temuan Vaksin Tak Membuat COVID-19 Hilang

1. Jokowi minta para peneliti segera temukan vaksin COVID-19

Indonesia Harus Mandiri, Vaksin COVID-19 Targetnya Dibuat Akhir Tahun (Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Untuk target tersebut, Jokowi menginstruksikan kepada para peneliti agar bisa menemukan vaksin virus corona yang bisa digunakan di Indonesia. Muhadjir menyampaikan bahwa negara-negara di dunia juga sudah berlomba-lomba menemukan vaksin.

"Tadi Presiden menginstruksikan peneliti kita untuk mencari, menemukan vaksin untuk digunakan Indonesia sendiri, karena Bapak Presiden menyampaikan sekarang ada 147 pihak di dunia yang bergerak menyusun vaksin, tapi mereka nanti pertama-tama akan digunakan untuk kebutuhan sendiri," jelas Muhadjir.

2. Jumlah penduduk Indonesia banyak, harus bisa produksi vaksin sendiri

Indonesia Harus Mandiri, Vaksin COVID-19 Targetnya Dibuat Akhir Tahun Menko PMK Muhadjir Effendy (Website/kemenkopmk.go.id)

Indonesia memiliki lebih dari 200 juta warga, sehingga sangat membutuhkan vaksin untuk digunakan di negara sendiri.

"Sementara kita punya 270 juta warga, sehingga mau tidak mau, tidak mungkin mengandalkan impor jadi harus siap-siap melakukan riset vaksin untuk Indonesia sendiri," tuturnya.

3. Jokowi optimistis Indonesia bisa segera temukan vaksin COVID-19

Indonesia Harus Mandiri, Vaksin COVID-19 Targetnya Dibuat Akhir Tahun Dok. Biro Pers Kepresidenan

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan optimistis Indonesia bisa menemukan vaksin virus corona atau COVID-19. Menurut dia, Lembaga Eijkman sudah mendapatkan tujuh data genome sebagai pengembangan vaksin COVID-19.

"Saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri, karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," ujar Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/5).

Jokowi mengaku gembira saat mendapat laporan bahwa Lembaga Eijkman sudah mengumpulkan 7 urutan genome. Hal itu sangat berguna sebagai tahap pengembangan vaksin COVID-19.

"Genome lengkap virus yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin dan saya juga senang, komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan COVID-19," jelasnya.

Baca Juga: Kerja Sama dengan Korsel, Juni Kalbe Farma Uji Klinis Vaksin Corona

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya