Comscore Tracker

Influencer Dapat Vaksin Ketiga? Ini Kata Satgas COVID-19

Vaksin dosis ketiga diprioritaskan untuk tenaga kesehatan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menanggapi soal influencer yang mendapat vaksin booster ketiga. Wiku menegaskan saat ini dosis vaksin COVID-19 ketiga diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

“Prioritas penerima program vaksin booster saat ini adalah tenaga kesehatan sebagai populasi berisiko, sekaligus vital dalam dukung layanan kesehatan khususnya di masa pandemik,” kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Influencer Klaim Dapat Vaksin Dosis Ketiga, DPRD DKI: Itu Hoaks!

1. Vaksin didistribusikan dengan prioritaskan pertimbangan risiko

Influencer Dapat Vaksin Ketiga? Ini Kata Satgas COVID-19Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Menurut Wiku, pemerintah memang menyediakan vaksin COVID-19 secara gratis saat ini. Namun, vaksin tersebut didistribusikan dengan pertimbangan risiko.

“Vaksin didistribusikan oleh pemerintah dengan memprioritaskan pertimbangan risiko, perhitungan laporan stok vaksin, dan kecepatan laju vaksinasi,” jelas Wiku.

2. Jika ada vaksin berbayar, Satgas daerah akan tindak lanjut

Influencer Dapat Vaksin Ketiga? Ini Kata Satgas COVID-19Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, Wiku menegaskan bahwa vaksin yang diberikan pemerintah sepenuhnya gratis. Apabila ada yang berbayar, hal itu akan ditindaklanjuti.

“Vaksin yang diberi sepenuhnya gratis baik melalui skema program atau Gotong Royong. Adapun temuan vaksinasi berbayar di lapangan akan ditindaklanjuti oleh Satgas di daerah setempat,” terang Wiku.

Baca Juga: WHO Marah, Banyak Negara Kaya Pakai Vaksin COVID-19 untuk Booster

3. Viral influencer dapatkan dosis vaksin ketiga

Influencer Dapat Vaksin Ketiga? Ini Kata Satgas COVID-19Ilustrasi Vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Seorang influencer viral di media sosial karena mengaku mendapat booster atau vaksin COVID-19 ketiga. Tak cukup disitu, influencer itu juga berfoto dengan latar gedung DPRD DKI Jakarta. Pengakuan itu pun ramai dibahas warganet.

Hal itu terungkap dari unggahan akun Instagram @johandjayanto.

"Tadi siang ada teman gue tiba-tiba cerita kalau teman dia yang influencer (bokapnya pengusaha) hari ini dapat vaksin dosis ketiga Moderna (yang seharusnya buat nakes). Ternyata gue juga follow dan bisa lihat story dia. If you know who is he/she, coba deh perhatiin latar belakang IG Story dia di gedung pemerintahan."

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini vaksinasi di Indonesia belum mencapai target. Oleh sebab itu, penyuntikkan vaksinasi dosis ketiga ini hanya untuk nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19.

"Maka penting untuk kita pahami vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada nakes. Karena tenaga kesehatan kita itu yang setiap hari bertemu dengan virus yang tinggi sekali kadarnya, dan mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja," tutur Budi dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: Viral Influencer Ngaku Dapat Vaksin Dosis ke-3, Apa Kata Kemenkes?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya