Comscore Tracker

Ingat! 12 Item Protokol Kesehatan Ini Wajib Ada di TPS Pilkada 2020

Harus taat protokol kesehatan ya agar Pilkada 2020 sukses!

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengingatkan 12 protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Satgas menegaskan bahwa aturan tersebut bukan sekadar imbauan, tetapi wajib dilaksanakan.

"Aturan ini wajib untuk dilakukan, bukan imbauan semata. Penyelenggara bertanggung jawab untuk mengelola Pilkada dengan menegakkan disiplin prokes selama perhelatan berlangsung," kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/12/2020).

1. KPU telah menentukan 12 item perlengkapan protokol kesehatan

Ingat! 12 Item Protokol Kesehatan Ini Wajib Ada di TPS Pilkada 2020Ilustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Kemudian, Wiku menerangkan, KPU telah menentukan 12 item perlengkapan protokol kesehatan yang harus ada di TPS. Salah satunya adalah alat perlindungan diri (APD) yang harus digunakan oleh petugas.

1. Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun

2. Hand sanitizer

3. Sarung tangan plastik untuk pemilih

4. Sarung tangan medis untuk KPPS

5. Masker

6. Menyediakan tempat sampah

7. Pakai face shield

8. Sediakan alat pengukur suhu

9. Disinfektan

10. Sediakan tinta tetes

11. Baju hazmat

12. Ruang khusus bagi pemilih yang bersuhu di atas 37,3 derajat celcius

Baca Juga: Satgas COVID-19: Kepatuhan Masyarakat Pakai Masker Turun 57,78 Persen

2. Satgas minta masyarakat dan petugas TPS taati protokol kesehatan

Ingat! 12 Item Protokol Kesehatan Ini Wajib Ada di TPS Pilkada 2020Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Oleh karena itu, kata Wiku, Satgas meminta agar masyarakat maupun petugas TPS bisa mematuhi protokol kesehatan yang disiapkan. Hal tersebut penting guna mengurangi penularan COVID-19.

"Sehingga dapat mencegah terjadinya penularan di lingkungan TPS. Pemerintah telah mengawal penyaluran APD serta logistik sampai di daerah  terpencil," ucap Wiku.

3. Wiku minta Satgas daerah awasi perhelatan Pilkada

Ingat! 12 Item Protokol Kesehatan Ini Wajib Ada di TPS Pilkada 2020Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta. Dok. Biro Pers Kepresidenan

Kemudian, Wiku meminta kepada penyelenggara Pemilu agar memastikan semua individu yang bertugas memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Petugas, kata dia, wajib mengingatkan pemilih untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin yang sama.

"Tim satgas daerah diharuskan untuk mengawasi perhelatan Pilkada apabila ada kerumunan harap segera diberikan teguran. Apabila tidak mau menerima teguran Satgas daerah berhak untuk membubarkan," ujar Wiku.

Baca Juga: Depok Zona Merah Jelang Pilkada, Alat Swab PCR dan Rapid Test Ditambah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya