Comscore Tracker

Ingatkan Menkominfo, Jokowi Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah 

Jokowi ingin jaringan Palapa Ring digenjot lagi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meningkatkan jaringan Palapa Ring hingga ke rumah tangga.

"Palapa Ring tidak hanya berhenti sebagai backbone saja, tidak hanya berhenti di situ tetapi harus tersambung sampai ke rumah tangga," kata Jokowi saat meresmikan Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional COVID-19 di Istana Negara yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/2/2021).

1. Jokowi ingin jaringan Palapa Ring lebih digenjot

Ingatkan Menkominfo, Jokowi Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas di Istana Bogor, Jumat (29/1/2021) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meski begitu, Jokowi mengapresiasi Kemkominfo yang telah bekerja keras untuk membangun konektivitas digital. Tetapi, ia tetapi minta jaringan Palapa Ring untuk digenjot lagi ke depannya.

"Saya mempunyai beberapa catatan. Utilisasi Palapa Ring harus ditingkatkan, ini jangan hanya 50 persen saja, utilisasi di Indonesia tengah dan timur yang masih sekitar 20 persen ini harus digenjot terus," perintah Jokowi.

Baca Juga: Hari Ini Pemerintah Resmikan Palapa Ring di Istana Negara

2. Jokowi minta Kemkominfo segera manfaatkan investasi Palapa Ring

Ingatkan Menkominfo, Jokowi Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurutnya Palapa Ring saat ini sangat dibutuhkan masyarakat di tengah pandemik COVID-19. Sehingga ia meminta Kemkominfo segera manfaatkan investasi Palapa Ring.

"Agar investasi besar di Palapa Ring segera bisa dimanfaatkan oleh seluruh rakyat kita dan sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti sekarang ini," ucap dia.

3. Pemerintah tengah membangun konektivitas digital untuk menghubungkan seluruh pelosok nusantara

Ingatkan Menkominfo, Jokowi Minta Palapa Ring Tersambung Sampai Rumah Data Penggunaan Internet di Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, dalam lima tahun terakhir ini pemerintah telah bekerja keras membangun konektivitas nasional. Selain konektivitas transportasi, pemerintah juga tengah membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara melalui tol langit.

"Semua ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata bukan tetapi, ini juga untuk merangkai negara kita yang sangat besar ini, yang berpulau-pulau untuk mempercepat pelayanan pendidikan, untuk mempercepat pelayanan kesehatan, untuk mendukung sinergi budaya nusantara, dan tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar," katanya.

Baca Juga: Jokowi Harap Seluruh Wartawan di Indonesia Dapat Vaksin COVID-19 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya