Comscore Tracker

Ingatkan Menterinya, Jokowi: soal Pindah Ibu Kota Tiru Negara Lain

Skema biaya juga sudah harus disiapkan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan kepada kementerian dan lembaga-lembaga terkait, agar meniru kesuksesan negara lain dalam pemindahan ibu kota. Imbauan tersebut terkait rencana Indonesia akan memindahkan ibu kota ke tempat lain.

Jokowi sendiri telah memutuskan untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke tempat lain. Namun, hingga kini Presiden belum menetapkan kota yang akan dijadikan sebagai ibu kota baru. Sejauh ini ada dua provinsi yang menjadi kandidat kuat sebagai ibu kota, yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.   

Baca Juga: Ciri-ciri Calon Ibu Kota Baru Mulai Terungkap

1. Jokowi minta Indonesia tiru pengalaman negara lain

Ingatkan Menterinya, Jokowi: soal Pindah Ibu Kota Tiru Negara LainIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengingatkan agar Indonesia bisa mencontoh pengalaman negara-negara lain, yang telah sukses memindahkan ibu kota mereka.

"Dan saya juga meminta agar pengalaman negara lain dalam memindahkan ibu kota juga dipelajari. Faktor-faktor apa yang jadi hambatan, sehingga kita bisa antisipasi sedini mungkin dan sebaliknya faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi dan adaptasi kita ambil," kata dia di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (6/8).

2. Jokowi putuskan ibu kota akan dipindahkan ke Kalimantan

Ingatkan Menterinya, Jokowi: soal Pindah Ibu Kota Tiru Negara LainIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah melakukan pengkajian ke beberapa kandidat calon ibu kota baru Indonesia, Jokowi akhirnya memutuskan memilih Kalimantan. Tetapi belum ditentukan provinsi mana yang akan dipilih.

"Setelah ke lapangan dan mendapatkan beberapa kajian, meskipun belum selesai 100 persen, sudah semakin mengerucut dan pilihannya juga sudah jelas bahwa ibu kota negara akan pindahkan di Kalimantan. Di Kalimantan. Provinsinya di mana ini yang harus didetailkan lagi," kata dia.

3. Jokowi ingin letak provinsi sesuai kajian

Ingatkan Menterinya, Jokowi: soal Pindah Ibu Kota Tiru Negara LainIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi menjelaskan terkait provinsi yang akan dijadikan ibu kota baru, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah menindaklanjuti dan mengkaji lebih dalam. Setelah dipaparkan dengan detail, baru nanti bisa diputuskan.

Menurut Jokowi kajian tentu dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari sisi kebencanaan, daya dukung lingkungan, termasuk ketersediaan air, lahan, infrastruktur, hingga ekonomi.

"Kajian dari sisi demografi, sosial politik, pertahanan dan keamanan, semuanya harus dilihat lebih detail lagi, sehingga keputusan nanti adalah keputusan yang benar," kata dia.

4. Jokowi minta mulai disiapkan skema pembiayaan ibu kota baru

Ingatkan Menterinya, Jokowi: soal Pindah Ibu Kota Tiru Negara LainDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Selain itu, Jokowi juga meminta agar pembantu-pembantunya mulai menyiapkan skema pembiayaan, baik yang bersumber dari APBN maupun non-APBN.

"Dan terakhir saya minta mulai disiapkan skema pembiayaan baik yang bersumber APBN atau non-APBN, dan desain kelembagaan yang diberikan otoritas dan terpenting payung hukum mengenai pemindahan ibu kota," ucap dia.

Baca Juga: Bakal Jadi Ibu Kota Baru, Benarkah Kalimantan Aman dari Bencana?

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya