Ingin Bantuan Sosial Cepat Tersalur, Jokowi: Libatkan UMKM dan Ojek

Anggaran Rp110 triliun khusus untuk bansos

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta penyaluran bantuan sosial melibatkan UMKM hingga tukang ojek agar lebih cepat dan tepat sasaran. Unsur RT dan RW juga diminta mengawasi penyaluran bantuan ini.

"Rancang agar melibatkan sektor UMKM, pedagang sembako di pasar, jasa transportasi ojek, sehingga bisa menggerakkan, mengikutsertakan usaha-usaha di bawah dan bersama-sama dengan kita juga dan ekonomi di bawah ikut bergerak," kata Jokowi pada Selasa (7/4).

1. Anggaran Rp110 triliun disiapkan pemerintah untuk Bansos

Ingin Bantuan Sosial Cepat Tersalur, Jokowi: Libatkan UMKM dan Ojek(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan pemerintah pusat menganggarkan Rp110 triliun untuk jaring pengaman sosial atau bantuan sosial. Alokasi anggaran tersebut diberikan pemerintah agar masyarakat bisa bertahan di tengah pandemik virus corona.

"Untuk jaring pengaman sosial bagi masyarakat lapisan bawah agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pokok dan berbelanja untuk menjaga daya beli," ucap Jokowi saat rapat terbatas.

2. Jokowi meminta birokrasi penyaluran Bansos tak berbelit

Ingin Bantuan Sosial Cepat Tersalur, Jokowi: Libatkan UMKM dan Ojek(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam penyaluran bantuan sosial itu, Jokowi meminta pada jajaran menterinya agar tidak menerapkan birokrasi yang berbelit. Sebalinya penyaluran bantuan harus efektif dan efisien.

"Digunakan cara-cara praktis dan tidak berbelit-belit, dan tidak menyulitkan masyarakat," tutur Jokowi.

3. Jokowi meminta semua elemen awasi penyaluran Bansos

Ingin Bantuan Sosial Cepat Tersalur, Jokowi: Libatkan UMKM dan Ojek(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Jokowi, program bantuan sosial ini begitu penting bagi masyarakat yang terdampak. Oleh karena itu, ia meminta agar semua elemen bisa mengawasi sehingga program bisa tepat sasaran.

"Melibatkan RT, RW, dan pemerintah desa dan pemerintah daerah, sehingga betul-betul bantuan ini bisa tepat," kata Jokowi.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Bantuan Sosial agar Masyarakat Tidak Mudik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya